Bikin Video Hoaks Kontroversi, Gus Idris: Mengandung Pesan Moral dan Edukasi Bagi Publik

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 11 Maret 2021 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 340 2376120 bikin-video-hoaks-kontroversi-gus-idris-mengandung-pesan-moral-dan-edukasi-bagi-publik-zDew4aR6lw.jpg Gus Idris mengaku video hoaksnya mengadung pesan moral dan edukasi.(Foto:Okezone)

MALANG - Idris Al-Marbawy alias Gus Idris buka suara mengenai video hoaks yang dia buat, sehingga berujung aduan masyarakat ke polisi.

Menurut Gus Idris, video-video yang diunggah di kanal YouTube Gus Idris Official itu, menyiratkan makna edukasi bagi publik.

"Konten ini mengandung pesan moral dan edukasi. Sejatinya, yang mempercayai ilmu spiritual ilmu hitam tidak akan pernah menang melawan ilmu putih," kata Gus Idris beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tunggu Hasil Penyelidikan 4 Pelapor Video Hoaks, Polisi Belum Dipanggil dan Tetapkan Gus Idris Tersangka

Ia meminta masyarakat untuk bisa mengambil hikmah positif dari video-video yang diunggahnya, di mana mayoritas videonya berkaitan dengan interaksi makhluk gaib. "Ini merupakan pelajaran dan hikmah bagi saya sendiri. Ambil positif dan baiknya," katanya.

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Thoriqul Jannah Ngajum, Kabupaten Malang ini, juga menyatakan sehat wal afiat meski beberapa waktu lalu ia mengaku diserang di markas Nyi Ronggeng. "Saya sehat wal afiat. Mudah-mudahan kita dipertemukan kekal di surga," tuturnya.

Baca Juga: Gaduh Video Drama Serangan Sihir, Gus Idris Resmi Dilaporkan ke Polisi

Sedangkan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengatakan, pihaknya masih mempelajari aduan dari masyarakat. Bahkan pihaknya masih akan meminta keterangan, pihak - pihak masyarakat yang turut mengadukan Gus Idris ke polisi.

"Kita sudah melakukan penyelidikan, rencananya kita menampung pengadu yang datang ke Polres Malang, untuk menyampaikan pengaduan ataupun keberatan atas video yang dibuat Gus Idris dan tim, terkait dengan hoaks, adanya isu yang menimbulkan keresahan di masyarakat, yang menyebutkan bahwa dia telah tertembak," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Gus Idris dari Ponpes Thoriqul Jannah diduga tertembak saat berada di Markas Nyi Ronggeng. Adegan Gus Idris tertembak ini terekam di video live YouTube di kanal pribadinya Gus Idris Official. Belum diketahui secara pasti lokasi tertembaknya Gus Idris yang beredar di dalam video.

Di video berdurasi 4 menit 14 detik, tampak Gus Idris diduga mengalami tembakan oleh orang tak dikenal. Di video Gus Idris yang berjalan menuju mobil terkena dugaan tembakan hingga terkapar.

Tampak di video detik 56 terdengar suara letupan seperti suara tembakan. Tak berselang lama Gus Idrus pun terkapar dengan mengalami luka di bagian dada kanan. Tampak dada kanan Gus Idris mengeluarkan darah.

Namun selang sehari kemudian Gus Idris mengklarifikasi bahwa apa yang dialaminya adalah serangan sihir makhluk gaib yang seolah ditembakkan ke dirinya.

Semenjak video tersebut viral, ada empat kelompok masyarakat yang melaporkan Gus Idris ke polisi, empatnya adalah Forum Pemuda Milineal Malang Selatan (Fordamas), Lingkar Gagasan (Lingga) Indonesia, LTN NU, dan terakhir hari Rabu (10/3/2021) dari Banser Kabupaten Malang.

Gus Idris sendiri kerap kali menggunggah video interaksinya dengan makhluk-makhluk gaib. Bahkan beberapa kali Gus Idris tampak mengobati pasiennya yang diklaim terkena santet hingga teluh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini