Kandungan Emas di Gunung Kongo Capai 90%

Wahyu Budi Santoso, · Senin 15 Maret 2021 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 18 2377775 kandungan-emas-di-gunung-kongo-capai-90-fjMRY60Gw4.jpg Emas (Foto: Buy Gold Bars)

KIVU - Gunung emas di di Luhihi, provinsi Kivu Selatan, Kongo, Afrika dilaporkan mempunyai kandungan 60% hingga 90% emas.

Seperti dilansir Unilad, Video tersebut berasal dari Republik Demokratik Kongo Afrika. Setelah berita tentang emas yang digali dari gunung emas Kongo tersebar di daerah tersebut, ribuan orang bergegas ke gunung dan memulai perburuan harta karun tersebut.

Gunung tersebut mempunyai kandungan '90% Emas ', Pihak berwenang harus melarang penambangan di sebuah desa di Republik Demokratik Kongo setelah gunung yang kaya kandungan emas ditemukan.Lusinan orang membanjiri gunung di Luhihi, di provinsi Kivu Selatan, Kongo, menyusul penemuan biji emas pada akhir Februari, dengan video dari tempat kejadian menunjukkan orang-orang menggali tanah dengan sekop dan menggunakan tangan mereka mencoba mengambil tanah beharga itu

(Baca juga: Islami Milati, Atasi Kecanduan Miras dan Narkoba di Kalangan Muslim di AS)

Venant Burume Muhigirwa, Menteri Pertambangan Kivu Selatan, mengatakan masuknya penggali membuat ramai desa kecil tempat gunung itu berada, sekitar 50 km (30 mil) dari ibu kota provinsi, Bukavu.

Menurut laporan BBC Tori Pesin, tanah di gunung tersebut diperkirakan terdiri dari 60% hingga 90% emas.

Penambangan subsisten, seperti yang terlihat dalam video itu, melibatkan penggali liat dengan alat-alat yang belum sempurna dan umum di seluruh Republik Demokratik Kongo, lapor Reuters.

(Baca juga: Wow, Pesta Pernikahan Ini Penuh "Hujan Uang" Sebanyak Rp183 Juta)

Penambangan emas tradisional dikatakan tersebar luas di timur penghasil emas dan timur laut negara itu, tetapi keputusan yang dikeluarkan pada hari Senin, 1 Maret, mengharuskan semua penambang, pedagang dan anggota angkatan bersenjata Kongo (FARDC) meninggalkan lokasi tambang di sekitar daerah Luhihi.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini