Viral Gunung Emas, Ribuan Penduduk Dilanda "Demam Emas"

Wahyu Budi Santoso, · Senin 15 Maret 2021 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 18 2377789 viral-gunung-emas-ribuan-penduduk-dilanda-demam-emas-LiX6KekoSF.jpg Ribuan warga serbu gunung emas di Kongo (Foto: tori.ng)

KIVU – Kabar gunung emas di Kongo yang viral membuat ribuan warga di sekitar Kivu Selatan menyerbu gunung tersebut. Mereka berusaha mendulang pundi-pundi kekayaan dari banyaknya emas di sana.

Pihak berwenang di Republik Demokratik Kongo telah mengumumkan larangan aktivitas penambangan setelah demam emas di provinsi Kivu Selatan menarik ribuan penggali ke lokasi tersebut.

Sebuah video dibagikan secara luas di media sosial di mana puluhan penduduk desa terlihat menggunakan sekop, alat lain, dan bahkan tangan kosong untuk menggali biji emas di gunung untuk mengambil emas.

(Baca juga: Selain Emas, Kongo Kaya Akan Coltan Terbesar di Dunia)

Video lain menunjukkan penduduk setempat mencuci kotoran dari logam kuning dan mengumpulkannya di wadah lain.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah yang tersimpan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emasnya, ” tutur Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, menulis di Twitter saat dia membagikan video.

(Baca juga: PBB Pastikan Emas Kongo Bukan Murahan)

Seperti dilansir dari HindustanTime, Tahun lalu, Kelompok Ahli PBB mengatakan bahwa provinsi Kivu Utara, Kivu Selatan dan Ituri memproduksi resmi lebih dari 60 kilogram emas artisanal pada 2019, namun mengekspor lebih dari 70 kg, menunjukkan produksi yang tidak dilaporkan secara besar-besaran pastinya tidak tercatat.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini