Warga Mojokerto Digegerkan Ibu Melahirkan di Lorong Puskesmas Tanpa Bantuan Bidan

Sholahudin, iNews · Senin 22 Maret 2021 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 22 519 2382204 warga-mojokerto-digegerkan-ibu-melahirkan-di-lorong-puskesmas-tanpa-bantuan-bidan-DkSW8Nz5vQ.jpg Wanita melahirkan di lorong Puskesmas Pesanggrahan tanpa bantuan bidan. (Foto : iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO - Warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, digegerkan dengan kejadian wanita melahirkan di teras Puskesmas setempat pada Senin (22/3/2021) dini hari. Wanita tersebut adalah Umi Nurlaila (31), warga Desa Sawo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

Saat melahirkan, wanita tersebut tidak dibantu bidan. Ia melahirkan hanya hanya ditemani suaminya di teras puskesmas dan warga sekitar yang selesai menjalankan salat subuh di masjid setempat.

Salah satu warga, Sumarti mengatakan, saat itu dirinya sedang belanja dan mendengar jika ada wanita melahirkan di lorong Puskesmas Pesanggrahan.

“Saat didatangi bayi tersebut sudah lahir dalam gendongan ayahnya. Saya bersama warga lainnya langsung memanggil Bidan Desa Pesanggrahan untuk membantu pertolongan,” kata Sumarti.

Pasca-melahirkan ibu dan bayi dalam perawatan di Ruang Persalinan Puskesmas Pesanggrahan dalam kondisi sehat. Bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat 2,9 kilogram dan panjang 49 centimeter.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto Sujatmiko mengatakan, tidak ada unsur kelalaian dari para petugas. Itu karena Puskesmas Pesanggrahan bukan puskesmas rawat inap, hanya rawat jalan.

“Saat persalinankan saat darurat. Namun, pasien tidak tahu jika puskesmas tidak buka 24 jam, meski BPJS tercatat di situ. Memang untuk kartu BPJS pasangan suami istri tercatat di Puskesmas Pesanggrahan. Mestinya dalam kondisi darurat pengguna kartu BPJS bisa digunakan di semua puskesmas maupun rumah sakit,” kata dia.

Baca Juga : Lubang Bekas Galian C di Mojokerto Makan Korban, Seorang Pemancing Tenggelam

Pihak Dinkes mengapresiasi kinerja Bidan Desa Pesanggrahan yang memberikan pertolongan, meski bukan di wilayahnya.

Baca Juga : Warga Mojokerto Digegerkan Temuan Mayat di Sawah, Kondisinya Penuh Lumpur

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini