Ibadah Kamis Putih, Pengamanan Gereja di Medan Diperketat

Ahmad Ridwan Nasution, iNews · Kamis 01 April 2021 19:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 01 340 2388077 ibadah-kamis-putih-pengamanan-gereja-di-medan-diperketat-Kejhbr2TYy.jpg Anggota Polri menjaga Gereja Huria Kristen Batak Protestan di Medan.(Foto:Tangkapan layar)

MEDAN - Pengamanan ekstra ketat dilakukan petugas kepolisian Polda Sumatera Utara di Gereja Huria Kristen Batak Protestan Medan di Jalan Sudirman, Kamis (1/4/2021).

Petugas Direktorat Sabhara Polda Sumatera Utara bersenjata laras panjang berjaga di pintu masuk gereja, bahkan patroli juga mereka lakukan di sekeliling gereja.

Sementara di dalam gereja ibadah passion berlangsung dengan khidmat, meski jumlah jemaat yang datang ke gereja dibatasi jumlahnya, karena warga juga dapat mengikuti ibadah melalui siaran langsung di media sosial.

Baca Juga: Jelang Jumat Agung & Paskah, Barakuda Disiagakan di Gereja Katedral

Pengamanan ketat juga dilakukan di Gereja Katedral Medan di Jalan Pemuda, namun pengamanan ketat dilakukan tertutup. Para petugas keamanan dari TNI-Polri lebih banyak menggunakan pakaian sipil bekerja sama dengan pengurus gereja.

Baca Juga: 4 Gereja Besar di Jakarta Bakal Dijaga 155 Aparat saat Paskah

"Pengamanan tetap difokuskan pada warga yang datang, selain memeriksa tas yang dibawa, petugas keamanan juga memeriksa barang yang dibawa di kendaraan yang dibawa pengunjung gereja," ujar Kepala Keamanan Gereja Katedral Medan, Putra Penatar Sembiring, Kamis (1/4/2021).

Sementara itu, Polda Sumut menurunkan 14 ribu personel dalam mengamankan gereja-gereja pada peringatan hari Paskah.

Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, Polda Sumut berkerja sama dengan TNI dan seluruh stakeholder berupaya semaksimal mungkin dalam pengamanan menjelang peringatan hari paskah.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini