Libur Paskah, 24.000 Kendaraan Keluar di Tol Merak dan Cilegon Timur

Teguh Mahardika, Koran SI · Jum'at 02 April 2021 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 02 340 2388465 libur-paskah-24-000-kendaraan-keluar-di-tol-merak-dan-cilegon-timur-nVUvx1mlMk.jpg Pintu tol merak (foto: ist)

SERANG - Libur Paskah dan disusul hari libur Sabtu dan Minggu mendatang, sebanyak 24.000 kendaraan keluar di gerbang tol Merak dan Cilegon Timur. Peningkatan trafik kendaraan ini terjadi sejak Kamis 1 April 2021 hingga hari ini Jumat (2/4/2021)

Informasi yang dihimpun dari ASTRA Tol Tangerang-Merak/ PT Marga Mandala Sakti selaku pengelola jalan tol Tangerang - Merak, rata - rata kendaraan setiap harinya yang keluar di Cilegon Timur sebanyak 11.000 kendaraan, dan untuk di Gerbang Tol Merak sebanyak 9.000 kendaraan. Namun saat memasuki liburan paskah ini dua gerbang tol tersebut terlihat peningkatan yakni rata - rata sebanyak 12.000 untuk di dua gerbang tol tersebut.

 Baca juga: Libur Paskah, Penumpang Bus Terminal Pulogebang Melonjak Dua Kali Lipat

Diketahui, kedua gerbang tol ini merupakan akses menuju Tempat Wisata Pantai Anyer untuk Gerbang Tol Cilegon Timur dan untuk Gerbang Tol Merak merupakan akses menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak - Bakauheni.

Kepala Departemen Manajemen CSR & Humas PT Marga Mandalasakti, Uswatun Hasanah mengatakan, pada momen libur panjang paskah yang dimulai sejak Jumat, 2 April 2021. Momen tersebut diprediksi akan dimanfaatkan masyarakat untuk pulang kampung maupun berlibur.

Baca juga: Libur Paskah, Stasiun Senen Mulai Dipadati Penumpang

Astra Tol Tangerang-Merak sendiri telah memprediksi pada puncak libur Panjang, lalu lintas Jalan Tol Tangerang-Merak akan mengalami kenaikan trafik sebesar 13% atau sebesar 167 ribuan kendaraan dibanding rata-rata lalu lintas harian yang sebesar 146 ribu kendaraan.

“Meski saat ini situasi masih belum lepas dari pandemi, namun kami memprediksi akan ada kenaikan trafik kendaraan pada libur Panjang paskah ini,” ungkap Uswatun Hasanah, Jumat (2/4/2021).

Menghadapi keniakan trafik tersebut, sejumlah fasilitas dan layanan tetap dioptimalkan untuk melayani pengguna jalan. Seluruh gardu telah dioptimalkan dan didisinfektan secara berkala guna menjamin kebersihan serta upaya memutus penyebaran Covid-19.

“Pada dasarnya baik libur Panjang atau kondisi normalpun, kami tetap akan memberikan pelayanan terbaik,” ungkap Uswah.

Selain itu, untuk memutus penyebaran Covid-19, Uswatun juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk senantiasa memperhatikan protokol Kesehatan. Ia berharap pengguna jalan harus menyiapkan kondisi ekstra, selain memperhatikan kondisi fisik dan kendaraan sebelum berkendara, protokol Kesehatan juga harus tetap dijalankan.

Untuk pelayanan transaksi yang mengedepankan keamanan dan kemudahan pengguna jalan, ASTRA Tol Tangerang – Merak hanya akan menyediakan struk digital yang dapat diakses di astratol.co.id. Uswah menambahkan,

“Pengguna jalan tidak perlu lagi menyentuh struk fisik sehingga terhindar dari potensi penyebaran Covid-19, dan struk tetap aman diunduh kapan saja, karena datanya akan tersimpan selama maksimal 30 hari di website," tuturnya.

Layanan rest area juga tetap dioptimalkan untuk melayani pengguna jalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Uswah mengimbau kepada pengguna jalan untuk menggunakan rest area hanya melakukan aktivitas pengisian bahan bakar, ibadah dan atau menggunakan toilet, maupun membeli keperluan dengan tetap memperhatikan jaga jarak serta durasi waktu istirahat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini