Komitmen Arab Saudi untuk Lindungi Lingkungan Laut Merah Mendapat Pujian

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 April 2021 15:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 06 18 2390284 komitmen-arab-saudi-untuk-lindungi-lingkungan-laut-merah-mendapat-pujian-xbsCUGTLnT.jpg Foto: Reuters.

LONDON - Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi telah mengungkapkan kekagumannya atas upaya yang telah dilakukan Kerajaan untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.

Berbicara dari kota pesisir Laut Merah Umluj, yang menawarkan beberapa pantai terindah di negara itu, Dubes Neil Crompton memuji otoritas Saudi atas komitmen mereka untuk memerangi perubahan iklim melalui inisiatif Saudi Green dan Green Middle East Initiative yang baru-baru ini diumumkan.

BACA JUGA: Tanam 10 Miliar Pohon, Arab Saudi Buat Green Middle East Initiative

Diumumkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman pekan lalu, inisiatif itu bertujuan untuk mengurangi emisi karbon hingga 60 persen di wilayah tersebut. Untuk mencapai hal ini, mereka menyerukan kemitraan antar negara untuk memerangi tantangan lingkungan yang dihadapi kawasan. Rencana tersebut termasuk proyek aforestasi dan upaya untuk melindungi lingkungan laut.

Crompton mengatakan aspek penting dari inisiatif tersebut berfokus pada perlindungan lingkungan Laut Merah, termasuk terumbu karangnya. Hal ini penting untuk kehidupan laut, termasuk lumba-lumba dan penyu, yang menambah daya tarik pantai sebagai tujuan wisata.

“Kawasan ini dipenuhi dengan proyek pariwisata yang luar biasa yang baru-baru ini diumumkan, dan mereka juga bertujuan untuk melindungi lingkungan dan keanekaragamannya serta melindungi kawasan ini untuk generasi mendatang,” kata Crompton sebagaimana dilansir Arab News.

BACA JUGA: Arab Saudi Izinkan Ibadah Umrah saat Ramadan, Berikut Syaratnya

Dia juga menyoroti video yang dibagikan baru-baru ini di media sosial yang menunjukkan puluhan lumba-lumba terjebak di Pantai Umluj, yang berada di Wilayah Tabuk di barat laut Arab Saudi. Seperti dilansir Arab News bulan lalu, lebih dari 40 mamalia itu terdampar akibat angin kencang dan cuaca yang bergejolak.

Relawan dan beberapa pihak berwenang dengan cepat melancarkan operasi penyelamatan, berkat banyak makhluk yang diselamatkan dan dikembalikan ke perairan Laut Merah. Namun tujuh orang tewas.

(DKA)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini