Pulau Baru Muncul Usai Badai Siklon Tropis Seroja, Ini Kata Wagub NTT

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 14 April 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 340 2394680 pulau-baru-muncul-usai-badai-siklon-tropis-seroja-ini-kata-wagub-ntt-e7vAtjLyIc.jpg Ilustrasi (Foto: istimewa)

JAKARTA - Sebuah pulau baru muncul di Kecamatan Loaholu, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT), pasca badai siklon tropis Seroja yang menerjang pada 5 April 2021 lalu.

“Ada isu yang berkembang sekarang, bahwa akibat dari siklon tropis seroja ini ada pulau yang muncul di Nusa Tenggara Timur. Ada beberapa pulau. Kami informasikan bahwa memang ada satu daerah yaitu di Kecamatan Loaholu di Kabupaten Rote Ndao. Ada tanah yang nongol, kayak di atas laut,” ujar Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef Nae Soi dalam Konferensi Pers Update Penanganan Bencana di Nusa Tenggara Timur, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Update Bencana NTT: 181 Orang Meninggal Dunia dan 47 Hilang

Namun, Josef Nae menegaskan perlu penelitian lebih lanjut apakah pulau baru yang muncul ini akibat dari badai siklon tropis seroja atau bukan.

Baca juga: Pascabencana Banjir Bandang, Wagub NTT: Rata-rata 60-70% Listrik Sudah Menyala

Pasalnya, kata Josef Nae, di NTT banyak sekali pulau ketika air laut surut akan muncul.

“Tapi ini mesti kita uji dulu apakah ini memang akibat dari bencana yang kemarin ataukah biasa terjadi di Nusa Tenggara Timur ini banyak sekali pulau, yang begitu hujan, tapi begitu airnya surut itu muncul kembali. Tapi ini perlu penelitian lebih lanjut,” tutur dia.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini