Gunung Ili Lewolotok Semburkan Awan Panas Setinggi 1.500 Meter

Joni Nura, iNews · Minggu 18 April 2021 12:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 340 2396605 gunung-ili-lewolotok-semburkan-awan-panas-setinggi-1-500-meter-IJfOv6Q9eA.jpg Gunung Ili Lewolotok (Foto : iNews)

LEMBATA - Siang ini kembali terjadi erupsi Gunung Ili Lewotolok, yang berada di Nusa Tenggara Timur, Minggu (18/4/2021), sekira pukul pukul 11.00 wita. Semburan awan panas itu setinggi lebih kurang 1.500 meter di atas puncak (± 2.923 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

"Saat ini Gunung Ili Lewotolok berada pada status level III atau siaga," ujar petugas pos pembantu Gunung Ili Lewotolok Stanislaus Ara Kian.

Masyarakat di sekitar gunung maupun pengunjung, pendaki, wisatawan direkomendasikan agar tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak atau kawah Gunung Ili Lewotolok.

Warga juga diimbay agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya longsoran material lapuk yang dapat disertai oleh awan panas dari bagian tenggara puncak gunung. Mengingat potensi bahaya abu vulkanik yang dapat mengakibatkan gangguan pernapasan (Ispa) maupun gangguan kesehatan lainnya maka masyarakat yang berada disekitar gunung Ili Lewotolok.

Baca Juga : Ganjar: Kalau Ramai-Ramai Mudik ke Jateng, Siap-Siap Jadi Seperti India

Dan bagi masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung, agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini