Heboh Limbah Medis di Kuningan, Saat Dicek Petugas Cuma Temukan Satu Masker

Wisnu Yusep, Okezone · Kamis 29 April 2021 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 525 2403113 heboh-limbah-medis-di-kuningan-saat-dicek-petugas-cuma-temukan-satu-masker-cciGSlUMdS.JPG Petugas mengecek limbah medis di Ciniru Kuningan (Foto: MPI/Wisnu)

KUNINGAN – Kepal Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Susi Lusiyanti mengklaim, pihaknya tidak menemukan limbah penanganan medis di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

"Berdasarkan hasil investigasi antara Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan inafis Polres Kuningan limbah medis yang ditemukan hanya berupa masker yang disinyalir merupakan pembuangan dari masker masyarakat," kata Susi ketika dikonfirmasi MNC Portal, Kamis (29/4/2021).

Susi melanjutkan, dari hasil investigasi gabungan itu, pihaknya tidak menemukan limbah medis secara siginifikan, termasuk tidak menemukan asal muasal limbah medis itu.

"Tidak ditemukannya pembuangan limbah medis yang signifikan, apalgi bersumber dari rumah sakit atau dr fasyankes," kata dia.

Untuk memastikan tidak ada limbah medis di TPSA Ciniru, pihaknya menekankan setiap rumah sakit di Kabupaten Kuningan sudah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan limbah medis.

"Kalau untuk puskesmas dan rumah sakit semuanya sudah melakukan MoU dengan pihak ketiga," kata dia.

Pihaknya juga, klaim dia, sudah melakukan pembinaan ke rumah sakit maupun puskesmas ke tempat-tempat pelayanan kesehatan lain dengan cara memberikan surat edaran untuk mengelola sampah medisnya agar bekerjasama dengan pihak ketiga.

Sebelumnya, temuan bekas limbah medis itu berdasarkan hasil penelurusan di TPSA Ciniru pada Selasa (27/4/2021) pagi. Bedasarkan pengamatan, limbah kategori B3 itu berserakan di sejumlah titik.

Titik pertama misalnya, bekas limbah medis itu berada di pinggir jalan pintu masuk TPA Ciniru yang terdiri dari sarung tangan, masker, kantong infus, kardus obat dan tempat bekas jarum suntik.

Tak hanya disitu, bekas limbah medis juga ditemukan beberapa meter dari titik pertama. Hanya saja, bekas limbah medis itu tak sebanyak seperti temuan awal. Di titik kedua bekas limbah medis itu hanya masker dan bekas kardus obat.

Kemudian bekas limbah medis itu juga ditemukan dekat tempat pemerataan sampah rumah tangga.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini