Duh! Puluhan Narapidana dan Petugas Lapas Batu Sangkar Terpapar Covid-19

Agung Sulistyo, iNews · Jum'at 07 Mei 2021 03:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 340 2406918 duh-puluhan-narapidana-dan-petugas-lapas-batu-sangkar-terpapar-covid-19-Xjv0wzikEI.jpg Foto: MNC Media

TANAH DATAR – Penyebaran virus corona di Indonesia terus terjadi. Bahkan, pemerintah pun melarang masyarakat mudik sejak tanggal 6 sampai 17 Mei 2021.

(Baca juga: Akal Bulus Pemudik Kelabui Petugas, Simpan Motor Dalam Bus hingga Tempeli Stiker)

Di sisi lain, sebanyak 44 narapidana dan 9 petugas rumah tahanan Batu Sangka, Tanah Datar, Sumatera Barat terkonfirmasi positif Covid-19. Saat ini, seluruh narapida dan pegawai yang positif covid 19 tersebut telah dilakukan isolasi mandiri.

Terkait terkonfirmasinya napas dan petugas rutan di LP Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, seluruh napi dan petugas lapas menjalani tes swab di lingkungan lembaga pemasyarakatan dengan pengawalan dari pihak kepolisian dan TNI.

(Baca juga: Sekjen Parpol Pengusung Jokowi-Ma'ruf Berkumpul di Markas PDIP, Megawati Pantau Secara Online)

Dari pemeriksaan awal, sebanyak empat puluh empat napi dan sembilan petugas lapas terkonfirmasi covid-19. Kasus ini berawal dari laporan adanya narapida yang hilang indra penciuman pada akhir pekan lalu. Setelah dilakukan swab tes awal, ditemukan dua napi yang positif Covid -19.

Dari hasil tersebut, dilanjutkan dengan pemeriksaan lebih lanjut ke seluruh penghuni rutan dan napi yang positif langsung menjalani isolasi di rutan dengan sistem terpisah. Sedangkan sembilan petugas lapas yang positif saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan lapas, kami melakukan swab tes terhadap seluruh pegawai dan pihak keluarga serta narapida yang sebelumnya telah negatif covid untuk memastikan mereka bersih dari virus tersebut,” ujar Kalapas Batu Sangkar, Buz Jos, Kamis (6/5/2021).

Pihaknya juga telah melakukan penyemprotan desinfektan yang dilakukan Satgas Covid -19 Tanah Datar di dalam rutan.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini