Share

Tak Perlu Repot! Penerimaan Mahasiswa Baru di Gunadarma Bisa Dilakukan Cuma dari Handphone

Agustina Wulandari , Okezone · Senin 17 Mei 2021 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 17 1 2411208 tak-perlu-repot-penerimaan-mahasiswa-baru-di-gunadarma-bisa-dilakukan-cuma-dari-handphone-kqde7uD6S7.jpg Penerimaan mahasiswa baru. (Foto: Dok.Freepik)

Penerimaan mahasiswa baru semakin dekat. Para lulusan SMA tentu sudah siap melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Universitas Gunadarma, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, siap membuka penerimaan mahasiswa baru di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi ini membuat segalanya berubah, tetapi sebagai masyarakat perlu melanjutkan hidup dan beradaptasi dengan kebiasaan baru. Universitas Gunadarma pun telah menyesuaikan keadaan dengan mempersiapkan sebuah sistem yang mudah dan praktis dalam menyambut mahasiswa baru. Bahkan, Universitas Gunadarma pun juga mempersiapkan fasilitas pembelajaran yang mudah sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, buat kalian yang tak sabar ingin kuliah, daftar di Universitas Gunadarma sangat gampang banget lho. Apalagi bisa hanya melalui handphone. Simak yuk sistem penerimaan mahasiswa baru di Universitas Gunadarma.

Sistem Penerimaan Mahasiswa Melalui Handphone

Kepala Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) Universitas Gunadarma Prof. Dr. Budi Hermana mengatakan, dengan adanya kebiasaan baru, semua orang mencari informasi melalui internet. Di mana hal tersebut bisa dilakukan hanya dengan gadget/handphone. Begitupun sistem yang diterapkan oleh kampus ini.

“Jadi di mana pun bisa langsung browsing dengan ketik Gunadarma di browser, lalu klik Pendaftaran,” tuturnya dalam wawancara bersama Okezone.

Dia menambahkan, pakar-pakar IT Gunadarma pun men-develop sistem pendaftaran tak hanya di website, tetapi juga bisa diakses dari mobile/handphone, sehingga menjadi user friendly.

“Langkah pendaftarannya pun mudah. Mulai dari register, isi data diri, dan memasukkan email serta nomor handphone yang masih aktif. Kenapa harus yang aktif? karena setiap pemberitahuan dari kampus akan diinfo melalui email atau nomor handphone,” ujarnya.

Metode Pembayaran yang Menyesuaikan dengan Segala Kondisi

Setelah mendaftar calon mahasiswa mendapatkan nomor registrasi yang dipakai saat melakukan proses administrasi. Lalu, calon mahasiswa akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembayaran dengan biaya pendaftaran sebesar Rp350 ribu. Lagi-lagi, Universitas Gunadarma memberikan kemudahan dengan menggunakan mobile banking.

“Melakukan pembayaran pun sangat fleksibel, karena tak perlu pergi ke bank, bisa melalui M-Banking. Jika sudah membayar, barulah bisa masuk ke akun yang sudah ter-registrasi,” kata Budi.

Tentu tak hanya melalui mobile banking, sistem pembayaran Universitas Gunadarma bisa menyesuaikan segala kondisi, bisa melalui ATM, teller bank, atau online.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Berbagai Kemudahan Berkuliah di Universitas Gunadarma

Pengumuman Seleksi Lebih Cepat

Tahapan selanjutnya, calon mahasiswa bisa masuk ke sistem dengan menggunakan akun registrasi yang telah didapat, lalu mengunggah berkas-berkas. Karena saat ini jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka adalah jalur online rapor, maka calon mahasiswa diseleksi dengan hanya mengisikan nilai sejumlah mata pelajaran pada rapor semester 4 dan 5, serta mengunggah file rapor dan tes masuk online.

Budi menuturkan, setelah proses unggah berkas dan pemilihan minat jurusan, maka proses selanjutnya menunggu pengumuman.

“Di era daring, pengumuman seleksi menjadi cepat melalui email atau nomor handphone. Hasil pengumuman itu menentukan calon mahasiswa diterima di fakultas mana dan juga hasil grading berdasarkan nilai rapor,” ucapnya.

Foto: Dok.Universitas Gunadarma

Biaya Terjangkau untuk Mahasiswa Berprestasi

Hasil grading yang diperoleh dari nilai rapor tersebut akan keluar berupa nilai A dan B. Semakin tinggi grade-nya maka semakin ringan biaya yang ditanggung.

Budi menjelaskan, Gunadarma memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi yang memiliki nilai rapor baik, yaitu dengan memberikan potongan biaya kuliah per semesternya.

Sebenarnya, hal ini pun berlaku tak hanya dari nilai rapor, tetapi juga melalui tes try out. Jika hasilnya baik, maka grade-nya pun tinggi dan mendapatkan apresiasi.

“Semakin tinggi hasil grade-nya, Universitas Gunadarma memberikan apresiasi berupa potongan biaya kuliah. Jadi semakin berprestasi sangat menentukan hasil grading-nya saat seleksi dan berpengaruh pada biaya kuliahnya,” tutur Budi.

Nah, jadi untuk masuk kuliah sekarang tak perlu ribet. Calon mahasiswa dan orangtua bisa langsung dengan mudah daftar kuliah di Universitas Gunadarma, karena sistem penerimaan mahasiswa baru tak perlu datang ke kampus. Cukup dari handphone, kamu sudah bisa jadi mahasiswa baru Universitas Gunadarma.

Tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di sini!

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini