DIY-Jateng Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Serentak, Ganjar : Untuk Bangkitkan Nasionalisme

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 21 Mei 2021 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 21 512 2413253 diy-jateng-nyanyikan-lagu-indonesia-raya-serentak-ganjar-untuk-bangkitkan-nasionalisme-q9MWxn8RCU.jpg Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto : Dok Humas Pemprov Jateng)

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak seluruh masyarakatnya untuk serentak menyanyikan lagu Indonesia Raya memperingati Hari Kebangkitan Nasional 2021. Elemen masyarakat ikut menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.

Ganjar mengatakan, kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak itu digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jateng. Hal ini sebagai upaya untuk kembali membangkitkan nasionalisme.

"Untuk membangkitkan kembali nasionalisme jogja jateng serentak nyanyikan Indonesia Raya di Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 pukul 10.00 wib," demikian caption dalam video yang diunggah akun Twitter resmi Ganjar @ganjarpranowo.

Postingan itu dilengkapi video berdurasi 2 menit 18 detik. Video itu berisikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono dan Ganjar menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Video itu juga memperlihatkan masyarakat di sejumlah wilayah menyanyikan lagu kebangsaan RI tersebut. Mulai dari Pasar Beringharjo, Damkar UGM Jogja, Bus BRT Trans Jateng, Mal Ciputra, PMI Kota Semarang.

"Mungkin ini hal sederhana, atau bahkan mungkin ada yang menyebut biasa saja. Tidak apa-apa. Kita hanya berusaha untuk terus mencintai negeri ini dr hal-hal sederhana dan hal-hal biasa saja," katanya.

Ia pun berterima kasih kepada Gubernur DIY yang telah memberikan inspirasi. "Maturnuwun Sri Sultan Hamengkubuwono X telah menginspirasi kita," ucapnya.

"Saya berharap tidak hanya di momen Harkitnas. Setiap kali kita mendengar Indonesia Raya berkumandang, ayo sejenak berdiri tegap menghormati lagu kebangsaan kita," tuturnya.

Baca Juga : Unggah Kebersamaan Wimar & Gus Dur, Ganjar Pranowo: Jenengan Orang Baik

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Sri Sultan Hamengku Buwono X mengeluarkan surat edaran berisikan seruan kepada masyarakat guna mengumandangkan lagu Indonesia Raya di ruang publik setiap hari. Hal itu guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan semangat nasionalisme.

Baca Juga : Perahu Terbalik di Waduk Kedung Ombo, Ganjar: Pengelola Harus Tanggung Jawab!

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini