Uang Arisan Online Rp3 Miliar Dibawa Kabur, Ratusan Warga Jambi Menjerit

Azhari Sultan, Okezone · Sabtu 22 Mei 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 22 340 2413892 uang-arisan-online-rp3-miliar-dibawa-kabur-ratusan-warga-jambi-menjerit-sFXmveGOeW.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAMBI - Warga Jambi kembali menjadi korban arisan online sebesar Rp3 miliar. Tidak tanggung-tanggung, ada ratusan warga Jambi merugi dibuatnya.

Belakangan diketahui, pemilik atau admin dari arisan online yang bernama Devi tersebut diduga membawa lari uang nasabah lebih dari 106 orang nasabah di Jambi.

Salah seorang korban, yang identitasnya tidak ingin disebut menjelaskan, korban dari arisan online tersebut tidak hanya berasal dari Jambi, melainkan sejumlah wilayah di Indonesia, mulai dari Jakarta, Sumatera Utara, Sumatera Barat hingga wilayah di Pulau Jawa.

"Kalau total seluruh Indonesia, jika di akumulatifkan total uang yang diduga dilarikan oleh pelaku bisa mencapai Rp3 miliar," katanya, saat dihubungi, Sabtu (22/5/2021).

Diakuinya, sebelum menyadari kejadian tersebut, dirinya sudah beberapa kali mengikuti arisan online tersebut. Bahkan, dia masih menerima hasil yang sesuai dijanjikan. Lantaran itu, tidak merasa curiga sehingga tetap mengikuti arisan online tersebut.

Namun, beberapa waktu lalu dirinya baru menyadari menjadi korban penipuan saat pihak arisan online yang diduga bernama Amanah Untung Real di Jambi tersebut mulai menunjukkan gelagat mencurigakan.

Tidak hanya itu, saat akan memetik hasil arisannya pihak pengelola mencoba menghindar dari para nasabahnya. "Kalau aku, uang yang sudah disetor dan telah dibawa lari oleh admin arisan online tersebut ada mencapai Rp24 juta, bang," sebutnya.

Baca Juga : Miris, Siswi SMP Asyik Pesta Miras di Kosan saat Digerebek

Dari data yang didapatkannya, total korban seluruh wilayah di Indonesia mencapai 202 orang, dengan perkiraan kerugian mencapai Rp3 miliar.

Tidak terima dengan kerugian akibat penipuan arisan online tersebut, ia mengaku telah membuat laporan ke Polda Jambi. "Iya, saya sudah melapor ke Polda Jambi, siang kemarin. Saat ini, masih dalam tahap pengaduan, menunggu ada korban lainnya melapor," imbuhnya.

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono saat dikonfirmasi mengaku adanya laporan warga tersebut. Saat ini, pihaknya telah membuat posko pengaduan arisan online Amanah Untung Real.

Menurutnya, Polda Jambi menerima laporan arisan online tersebut, bagi yang merasa jadi korban penipuan arisan online tersebut segera menghubungi nomor 0897962004.

"Bagi yang merasa menjadi korban dari arisan tersebut, silahkan melapor ke Posko Pengaduan yang sudah disediakan," tutur Sigit.

Dia mengaku telah menerima sejumlah laporan, namun pihaknya masih mendalami kasus tersebut. "Kita masih menunggu laporan dari korban-koran lainnya. Untuk jumlah laporan, kita masih mendata," ujar Sigit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini