Share

Kebijakan Covid-19 Masih Ketat, Belum Banyak yang Umrah

Agregasi VOA, · Senin 31 Mei 2021 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 18 2417697 kebijakan-covid-19-masih-ketat-belum-banyak-yang-umrah-IUHVM3D24H.jpg Kakbah di Makkah (Foto: Dokumen VOA)

MAKKAH - Tempat paling suci bagi umat Islam, Kakbah di kota Makkah, masih belum ramai dikunjungi jemaah. Jumlah jemaah yang melakukan umrah pada Minggu (30/5) masih rendah dibanding tahun-tahun biasanya, karena berbagai langkah berjaga-jaga terkait pandemi virus corona.

Pihak berwenang Arab Saudi hanya mengizinkan individu yang telah divaksinasi atau baru pulih dari virus corona yang boleh melakukan salat di Ka'bah.

Awal bulan ini pemerintah Arab Saudi mengumumkan akan mengizinkan jemaah dari luar negeri untuk berhaji, tetapi dengan langkah-langkah keselamatan yang ketat.

Tahun lalu hanya 1.000 jemaah yang diizinkan menunaikan ibadah haji, yang pertama dalam sejarah modern karena perebakan pandemi virus corona.

(Baca juga: Vietnam Temukan Varian Baru Virus Corona)

Biasanya dalam satu tahun diperkirakan ada tiga juta jemaah yang berhaji.

Dalam 14 bulan terakhir, sebagian besar warga Arab Saudi telah dilarang melakukan perjalanan ke luar negeri karena khawatir perjalanan internasional akan memicu wabah virus lain di negara itu.

Menurut Kementerian Kesehatan Arab Saudi, sejak pandemi merebak pada Maret 2020, ada lebih dari 4.482.846 kasus, termasuk lebih dari 7.334 orang meninggal dunia.

 (Baca juga: Terapkan Lockdown, Malaysia Hanya Izinkan Dua Orang untuk Setiap Keluarga Berbelanja)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini