Kasus Covid-19 di Kudus Melonjak, Menkes Selidiki Kemungkinan Mutasi Baru

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 31 Mei 2021 16:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 31 512 2418055 kasus-covid-19-di-kudus-melonjak-menkes-selidiki-kemungkinan-mutasi-baru-mlN8uifZFC.jpg Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Kasus Covid-19 melonjak di Kudus, Jawa Tengah (Jateng). Guna menyelidiki kemungkinan adanya mutasi baru virus corona di sana, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan genome sequencing sampel kasus Covid-19. 

"Kami juga sekarang minta sampelnya untuk dilakukan genome sequencing, apakah lonjakan yang terjadi di Kudus ini disebabkan oleh adanya mutasi baru," kata Budi usai menghadiri rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (31/5/2021).

Baca juga: Terkait Kasus Covid-19 di Kudus, Jokowi Minta Laporan Khusus

Saat ini kasus corona di Kudus mengalami lonjakan signifikan. Budi mengingatkan agar daerah tersebut memperketat protokol kesehatan dan mematuhi aturan PPKM Skala Mikro guna menghambat laju penularan virus corona.

"Pesan kami untuk daerah-daerah yang lonjakannya cukup tinggi termasuk yang ada di Kudus, tolong tetap disiplin terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sekarang trennya lagi naik tapi kalau kita disiplin InsyaAllah harusnya semuanya bisa kita atasi dengan baik. Seluruh rumah sakit sudah kita persiapkan obat-obatan juga sudah kita persiapkan," tutur Budi.

Baca juga: Satu RT di Kudus Lockdown, Diingatkan Jangan Buat Acara Lebaran tapi Membandel

Sebagai informasi, kasus corona di Kudus, Jawa Tengah, melonjak drastis hingga menyebabkan over kapasitas rumah sakit. Keterisian rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) di sana sudah mencapai di atas 90 persen. Karena itulah, pasien Covid akhirnya dirujuk ke rumah sakit lainnya di sekitar wilayah Kudus.

"RSUD Loekmono Hadi dan Rumah Sakit Mardi Rahayu BOR-nya (bed occupancy rate) sudah di atas 90 persen. Maka harus ada relaksasi," jelas Kadinkes Jateng Yulianto Prabowo, Jumat 28 Mei 2021.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini