Panda Hamil, Harga Saham Restoran Melonjak

Susi Susanti, Koran SI · Sabtu 05 Juni 2021 16:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 18 2420705 panda-hamil-harga-saham-restoran-melonjak-jyDBZSzqsU.JPG Hewan panda (Foto: Reuters)

TOKYO - Berita jika panda di Kebun Binatang Ueno, Tokyo mungkin hamil menyebabkan harga saham jaringan restoran terdekat melonjak sementara pada Jumat (4/6).

Kebun binatang mengumumkan panda raksasa berusia lima belas tahun Shin Shin menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Namun, kondisinya belum dikonfirmasi dan kehamilan palsu sering terjadi pada mamalia.

Kebun Binatang Ueno dibuka kembali pada Jumat (4/6) setelah ditutup untuk umum selama lima bulan karena pandemi.

Pihak kebun binatang mengatakan Shin Shin kawin dengan panda jantan Ri Ri pada 6 Maret lalu.

Kedua panda tersebut dipinjam dari China, dan memiliki seekor anak panda bernama Xiang Xiang pada 2017. Mereka memiliki seekor lagi pada 2012 yang menjadi panda pertama yang lahir di kebun binatang dalam 24 tahun, namun panda itu mati hanya dalam enam hari.

Ini adalah pertama kalinya dalam empat tahun kebun binatang mengira Shin Shin mungkin hamil. Dalam sebuah pernyataan dikatakan dia makan lebih sedikit dan lebih banyak istirahat - tanda-tanda khas panda hamil.

(Baca juga: Ilmuwan Covid-19 Jadi Sasaran Tembak 'Sniper')

Namun, panda betina dapat menunjukkan tanda-tanda kehamilan setelah masa ovulasi mereka bahkan jika mereka belum dibuahi. Saat Shin Shin melahirkan pada 2012, penjaga kebun binatang baru memastikan kondisinya beberapa hari sebelumnya.

Jika dia hamil, tanggal lahir hanya dapat diperkirakan secara luas karena masa kehamilan panda raksasa dapat berkisar antara 90-160 hari.

Seperti diketahui, panda memainkan peran yang kuat dalam ekonomi pariwisata Jepang, dan harga saham memiliki sejarah naik turun sejalan dengan berita kehamilan mereka, karena investor didorong oleh kemungkinan lebih banyak pengunjung kebun binatang.

Totenko, rantai restoran Cina, mengalami lonjakan hampir 30% pada Jumat (4/6). Perusahaan itu mengalami kenaikan serupa pada 2013 dan 2017 ketika Kebun Binatang mengumumkan jika Shin Shin mungkin hamil - meskipun yang pertama adalah kehamilan semu.

(Baca juga: AS Laporkan Tidak Temukan Bukti Aktivitas UFO, Namun Tidak Menampiknya)

Sementara itu, harga saham restoran Prancis Seiyoken ditutup naik 8%. Kedua rantai restoran ini memiliki restoran besar di pinggiran Kebun Binatang Ueno dan sering dikunjungi oleh pengunjungnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini