Militan Serang Sebuah Desa di Burkina Faso, 132 Warga Sipil Tewas, Rumah dan Pasar Dibakar

Agregasi VOA, · Minggu 06 Juni 2021 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 18 2420908 militan-serang-sebuah-desa-di-burkina-faso-132-warga-sipil-tewas-rumah-dan-pasar-dibakar-keqBT7K0sB.jpg Serangan militan di Burkina Faso meningkat.(Foto:VOA)

BURKINA FASO - Jumlah korban tewas akibat serangan militan terburuk dalam beberapa tahun belakangan di Burkina Faso naik menjadi 132 orang.

Pemerintah Burkina Faso mengatakan, pada Jumat (4/6/2021) beberapa orang bersenjata (militan) melakukan serangan semalaman ke sebuah desa di wilayah timur laut.

Dalam serangan itu menewaskan warga Desa Solhan di Provinsi Yagha, yang berbatasan dengan Niger. Pemerintah dalam pernyataannya mengatakan mereka juga membakar rumah-rumah dan pasar.

Pemerintah memberlakukan periode berkabung nasional selama 72 jam. Pemerintah menyatakan para pelaku sebagai teroris, meskipun belum ada kelompok yang mengklaim tanggung jawab. Juru bicara pemerintah, Ousseni Tamboura, kepada para wartawan mengatakan sebanyak 40 orang lainnya terluka.

Baca Juga: Drama Penyanderaan Hotel di Kenya Berakhir hingga 80 Jam, 21 Orang Tewas

Serangan oleh ekstremis yang terkait al-Qaida dan ISIS di kawasan Sahel Afrika Barat telah naik tajam sejak awal tahun, terutama di Burkina Faso, Mali dan Niger. Kebanyakan korban adalah warga sipil.

Kekerasan di Burkina Faso telah menyebabkan 1.14 juta orang mengungsi dalam dua tahun lebih. Negara miskin itu juga menampung sekitar 20 ribu pengungsi dari negara tetangga, Mali.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini