Share

Aktris dan Sutradara Legendaris AS Menjadi Dekan Universitas Howard

Agregasi VOA, · Minggu 06 Juni 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 06 18 2421039 aktris-dan-sutradara-legendaris-as-menjadi-dekan-universitas-howard-MNNkEcatcD.jpg Foto: Reuters

AKTRIS legendaris Tony, Phylicia Rashad, memutuskan untuk berbagi pengetahuan dan mengabdi sebagai dekan Universitas Howard yang juga almamaternya.

Pada usia 72, sebuah bab baru akan mencatat kesetiaan Rashad pada seni. Rashad akan menjadi dekan Sekolah Tinggi Seni Rupa yang baru ditata kembali di universitas warga kulit hitam yang bersejarah.

(Baca juga: Milisi Syiah Houthi Kembali Lancarkan Serangan Rudal, 17 Orang Tewas)

Dilansir Voa Indonesia, Minggu (6/6/201), Rashad yang juga seorang sutradara ini menjelaskan pentingnya seni yang selalu hadir didirinya.

โ€œYang penting bagi saya mengenai seni adalah sifat transendennya. Seni juga benar-benar ekspresi artistik yang fundamental bagi perkembangan manusia. Karena begitu seorang anak bisa berdiri, anak menari; dan sebelum seorang anak bisa berbicara, anak bisa bernyanyi; dan sebelum seorang anak bisa menulis satu kata, mereka menggambar," kata Phylicia Rashad.

Seni, katanya, adalah ekspresi mendasar manusia, dan seni adalah lensa seseorang pada budaya sebelumnya dan sejarah.

(Baca juga: PM Inggris Desak Kelompok G7 Vaksinasi Covid-19 di Seluruh Dunia)

"Kalau kita ingin mengetahuinya, ke mana kita pergi? Kita pergi ke lukisan gua. Kita mengamati sastra. Kita ke teater. Kita menuju musik. Kita menuju ke sana karena itulah seni. Ya ekspresi artistik. Dan menjadi sebuah catatan sejarah umat manusia. Melalui seni kita bisa berkomunikasi dan melihat bahwa orang-orang lebih banyak memiliki persamaan dari pada perbedaan. Itulah kenyataannya, benar-benar sesederhana itu," paparnya.

Setelah pencarian nasional yang cermat, Howard University bulan lalu mengumumkan penunjukan Phylicia Rashad sebagai dekan, efektif 1 Juli.

"Ia kembali dan duduk dalam dewan pengawas untuk memberikan waktu dan pengalamannya yang berharga dalam banyak hal. Sekarang ia menemukan cara lain untuk mengabdi pada almamaternya. Saya kira itu menunjukkan fakta bahwa begitu Howard merasuk dalam diri, tidak ada yang bisa menyingkirkannya. Noda kasih yang menurut saya akan menyertai kita selama sisa hidup kita," kata Dr. Wayne Frederick, Presiden Universitas Howard.

Sebagai dekan, pimpinan Rasyad adalah Provost Anthony K. Wutoh. Rashad lulus dengan magna cum laude dari Howard University dan menyandang gelar sarjana seni rupa.

Rashad mengakui fakultas yang akan dipimpinnya memiliki banyak cabang seni, namun ia tetap bersemangat.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini