Warga Digegerkan Kemunculan Buaya di Bengawan Solo

Ashadi Ikhsan (Koran Sindo), Koran SI · Kamis 10 Juni 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 519 2423188 warga-digegerkan-kemunculan-buaya-di-bengawan-solo-16Qcwsjkga.jpg Buaya muncul di Bengawan Solo, Lamongan. (Ist)

GRESIK - Warga Lamongan digegerkan kemunculan seekor buaya di Bengawan Solo, sisi Desa Parengan, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kemunculan buaya itu disebut sebagai penanda pergantian musim.

Video yang viral itu diunggah akun IG Berita Lamongan dan ditonton ribuan kali.

Video buaya viral itu turut dikomentari Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) BKSDA Gresik X Lamongan Agus Ariyanto. Dia menegaskan jika binatang dalam video itu memang buaya.

"Kalau dilihat dari video yang beredar jelas itu buaya, karena ekornya bergergaji, sedang biawak terlihat mulus," katanya saat dihubungi melalui seluler, Kamis (10/6/2021).

Kendati demikian, pihaknya mengaku perlu ada pembuktian lebih lanjut. Itu karena ketika pihaknya mengecek temuan diduga telur buaya di sana, ternyata adalah biawak.

"Dulu ketika saya ke lokasi penemuan viral telur buaya, tapi telur biawak, masyarakat sekitar juga ketap melihat penampakan buaya. Saya belum tahu apakah itu buaya yang dimaksud atau tidak," tuturnya.

Agar tidak membahayakan, Agus meminta warga sekitar terus berhati-hati saat beraktivitas. Ditambah habitat buaya memang berada di sungai. Dia juga memperkirakan, buaya tersebut usianya sudah puluhan tahun dan jika ada pasangannya kemungkinan sudah bertelur.

Baca Juga : Viralnya Buaya di Bengawan Solo Lamongan Bikin Warga Takut Nyuci

"Maka masyarakat yang biasanya melakukan aktivitas di sungai untuk tetap berhati-hati jangan sampai buaya tersebut mengamuk karena habitatnya terganggu manusia," ujarnya.

Baca Juga : 'Osama', Sang Buaya yang Sudah Menelan 80 Orang, Menolak Mati

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini