Istri Gembong Narkoba Terbesar di Dunia Mengaku Bersalah di Persidangan, Didenda Rp142 Miliar

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 11 Juni 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 11 18 2423551 istri-gembong-narkoba-terbesar-di-dunia-mengaku-bersalah-di-persidangan-didenda-rp142-miliar-RvoxnT0aTt.jpg Istri gembong narkoba terbesar di dunia mengaku bersalah di persidangan (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Istri gembong narkoba terkenal Meksiko Joaquín "El Chapo" Guzmán telah mengaku bersalah atas berbagai tuduhan termasuk konspirasi untuk mendistribusikan obat-obatan terlarang.

Emma Coronel Aispuro muncul di pengadilan di Washington dengan mengenakan jumpsuit hijau dan masker wajah putih untuk mengajukan pembelaannya di hadapan Hakim Distrik Amerika Serikat (AS) Rudolph Contreras.

Aispuro, 31, mengaku membantu Guzmán menjalankan kartel narkoba Sinaloa dan membantu melarikan diri dari penjara pada tahun 2015.

Dia mengaku bersalah atas tiga tuduhan berkonspirasi untuk mendistribusikan obat-obatan terlarang, bersekongkol untuk mencuci uang dan terlibat dalam transaksi keuangan dengan kartel narkoba Sinaloa.

Aispuro - yang membuat kesepakatan pembelaan - juga mengaku berperan dalam pelarian suaminya dari penjara pada tahun 2015.

"Dia sangat senang melupakan ini," kata pengacara Coronel Aispuro, Jeffrey Lichtman, di luar gedung pengadilan.

(Baca juga: WHO Keluarkan Peringatan Awas Covid-19 untuk Eropa Sebelum Liburan Musim Panas)

"Dia tidak menyangka akan ditangkap setelah suaminya menerima hukuman penjara seumur hidup, jadi ini jelas waktu yang menyusahkan. Tapi kita akan melewatinya,” lanjutnya.

Dia bisa menghadapi hukuman penjara seumur hidup dan didenda hingga USD10 juta (Rp142 miliar).

Adapun sang suami Guzmán, 63, saat ini menjalani hukuman seumur hidup di Colorado karena perdagangan narkoba dan pencucian uang.

Pihak berwenang mengatakan kartel Sinaloa adalah pemasok narkoba terbesar ke AS.

(Baca juga: Penduduk Bagian Bumi Utara Rasakan Sensasi Matahari Terbit Spesial)

(sst)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini