Tak Jujur Positif Covid-19, Seorang Warga Ikut Acara Hajatan Tulari 15 Orang

Suharjono, Koran SI · Sabtu 12 Juni 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 510 2423946 tak-jujur-positif-covid-19-seorang-warga-ikut-acara-hajatan-tulari-15-orang-zyiEV1A2wG.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

GUNUNGKIDUL - Kasus penularan Covid-19 di acara hajatan warga Kalurahan Girisekar, Panggang, Gunungkidul, Yogyakarta mulai terkuak. Merebaknya virus asal Wuhan, China ini lantaran warga yang tidak jujur setelah hasil laboratorium menyatakan positif Covid-19.

Lurah Giri Sekar Sutarpan mengatakan, kasus penularan di wilayahnya yang masuk klaster hajatan berawal salah satu warga yang kerja di kota Yogyakarta . Setiap hari warga tersebut berangkat dari rumahnya ke tempat kerja.

"Kemudian, dia mengeluh sakit dan memeriksakan ke Rumah Sakit Saptosari. Di rumah sakit setelah melalukan pemeriksaan dinyatakan positif Covid-19," terangnya kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (11/6/2021)

Baca Juga:  UGD RSDC Wisma Atlet Penuh, Pasien Covid-19 Terus Berdatangan

Dijelaskannya, setelah dinyatakan positif warga tersebut berusaha menyembunyikannya. Kemudian, memeriksakan diri ke rumah sakit di Kapanewon Playen. "Karena tidak jujur, warga kami tidak menyampaikan kalau sudah dinyatakan positif Covid. Di rumah sakit tersebut akhirnya didiagnosa tifus," ulasnya.

Warga akhirnya tidak mempersoalkan karena di lingkungan dinyatakan tifus bukan Covid-19. Berapa hari kemudian ikut membantu hajatan tetangga.

"Warga kaget karena petugas puskesmas datang dan akan tracing kontak erat yang bersangkutan, akhirnya ada 16 warga satu dusun yang dinyatakan positif Covid," lanjut mantan anggota DPRD Gunungkidul ini.

Baca Juga:  Kelabui Petugas, Pasien Covid-19 Kabur dari Pusat Isolasi di BPKP Bogor

Dari sinilah kasus Covid-19 di desa tersebut mencuat dan masih terus dilakukan tracing. "Kemudian, ada juga klaster keluarga berjumlah 10 warga setelah menerima tamu dari Sleman. Jadi, total ada 26 warga kami yang saat ini dinyatakan positif, " pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini