Pria yang Viral Tak Percaya Corona dan Hendak Sentuh Jenazah Covid-19 Dibebaskan

Wisnu Yusep, Okezone · Senin 21 Juni 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 525 2428525 pria-yang-viral-tak-percaya-corona-dan-hendak-sentuh-jenazah-covid-19-dibebaskan-qVcitAU4D7.JPG Foto: Istimewa

KUNINGAN - Asep Sakamullah pria asal Desa Ciwaru, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan yang membuat video pernyataan tidak percaya Covid-19 dibebaskan oleh pihak kepolisian.

Pasalnya, kasus yang menimpa Asep itu tidak ditemukan unsur pidana. Ia disebut hanya mengemukakan pendapat dan menyatakan diri berani menyentuh jenazah pasien Covid-19.

"Jadi yang bersangkutan punya keyakinan Covid-19 ini tidak ada," kata Kasatreskrim Polres Kuningan AKP Danu Raditya kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Setelah didalami video berdurasi 2 menit 50 detik itu, kata dia, tidak ditemukan tindak pidananya.

"Setelah didalami hanya berupa pendapatnya saja, jadi tidak ada hal yang disudutkan atau unsur pidananya," kata Danu.

Dalam video itu, kata Danu, Asep hanya mengemukakan pendapatnya pribadi yang tidak percaya adanya virus Covid-19. Dari dasar itu, Asep pun dipulangkan.

Pihaknya, kata dia, hanya mewajibkan wajib lapor dalam seminggu dua kali dalam satu bulan. "Jadi tidak ada unsur menghasut atau berita bohong, hanya menyampaikan pendapat," jelas dia.

Meski begitu, lanjut dia, video itu memang meresahkan masyarakat, tetapi ada beberapa memang yang merasa terganggu dengan video Asep ini.

"Jadi setelah mengklarifikasi dan membuat pernyataan maaf kita kembalikan ke keluarganya," jelas dia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini