5 Fakta Ricuh Pos Tes Swab Suramadu, Kini Dijaga Ketat TNI-Polri

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 Juni 2021 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 519 2429200 5-fakta-ricuh-pos-tes-swab-suramadu-kini-dijaga-ketat-tni-polri-HJE7XVHKNo.jpg Aparat berjaga di pos penyekatan Jembatan Suramadu. (Foto: Yudha Prawira)

JAKARTA - Terjadi kericuhan di pos penyekatan Jembatan Suramadu sisi Surabaya. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (22/6/2021) sekitar pukul 05.00 WIB, atau sehari pasca warga Madura berunjuk rasa di Balai Kota Surabaya menolak penyekatan.

Berikut sejumlah fakta terkait kericuhan di Surabaya ini:

1. Bawa Petasan

Video itu diunggah akun instagram @call112surabaya. Caption video tersebut berbunyi, BREAKING NEWS!. Sekelompok massa tiba-tiba datang ke pos penyekatan dan swab yang berada di pintu keluar Jembatan Suramadu arah Surabaya, pagi tadi, pukul 05.00 WIB. 

Beberapa oknum massa tersebut membawa petasan yang diarahkan ke petugas.

2. Menolak Tes Swab

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi membenarkan video tersebut. Menurutnya, peristiwa itu terjadi karena ada puluhan pengendara yang menerobos pos penyekatan. Mereka menolak untuk dilakukan tes swab antigen.

Baca juga: Tokoh Madura Ajak Masyarakat Patuhi Aturan Penanganan Covid-19 di Suramadu

3. Pelaku 50-an Orang

Repli Handoko mengatakan pelaku kericuhan sekitar 50-an orang dan sudah bisa ditindaklanjuti petugas. 

Dia menambahkan, tidak ada warga yang diamankan dalam kejadian ini. Mereka hanya dihalau oleh petugas. Dalam rekaman video tersebut juga ada suara letusan, namun itu bukan suara tembakan, melainkan petasan.

Baca juga: 11 Hari Penyekatan, 354 Pengendara di Jembatan Suramadu Positif Covid-19

"Untuk menertibkan yang melintas di Jembatan Suramadu, mulai hari ini akan diterbitkan SIKM (surat izin keluar masuk). Yang menerbitkan SIKM dari Bangkalan," ujarnya.

4. Dijaga Ketat Petugas

Pasca kericuhan pagi tadi, polisi dan prajurit TNI bersenjata lengkap menjaga pos penyekatan di Jembatan Suramadu, Surabaya, Selasa (22/6/2021) pagi. 

Proses penyekatan dan tes swab kembali berjalan normal. Personel keamanan dari kepolisian dan TNI bersenjata lengkap terlihat menjaga setiap sudut pos penyekatan. 

5. Sudah Kondusif

Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, pelaksanaan tes swab yang dilakukan Satgas Covid-19 ditenda kesehatan berlangsung kondusif. 

"Sejumlah pengendara yang terjaring penyekatan terlihat mengikuti tes swab antigen di tempat," ujar Febria Rachmanita. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini