Pasien Covid-19 Meninggal Tinggi, Dinkes Karawang Kekurangan Peti Mati

Nila Kusuma, Koran SI · Rabu 23 Juni 2021 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 525 2429837 pasien-covid-19-meninggal-tinggi-dinkes-karawang-kekurangan-peti-mati-ot5comfaui.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

KARAWANG - Dinas Kesehatan (Disnkes) Karawang menyebut persediaan peti mati untuk jenazah pasien Covid-19 sudah habis. Untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 yang meninggal, Dinkes mengajukan penambahan peti mati.

"Untuk ketersediaan peti mati memang sudah habis, karena yang meninggal cukup banyak juga. Tapi kami sudah mengajukan penambahan peti mati dan dalam waktu dekat sudah tersedia," kata Kepala Dinas Kesehatan, Endang Suryadi, Rabu (23/6/21).

Baca juga:  Makam Jenazah Covid-19 yang Dibongkar Dipasang Garis Polisi

Menurut Endang, penambahan pasien Covid-19 yang meninggal naik cukup signifikan. Sehingga kebutuhan peti mati juga harus ditambah dengan cepat.

"Kami sudah kordinasi dengan beberapa kecamatan agar segera memasok peti mati. Nantinya peti mati itu tidak terpusat di Dinkes, namun disebar di lima wilayah agar memberikan kemudahan bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Heboh! Keluarga Ambil Paksa Jenazah Pasien Covid-19 di Denpasar Bali

Endang mengatakan, masalah distribusi peti mati untuk pasien covid-19 yang meninggal dunia memang sempat bermasalah. Beberapa kecamatan kesulitan mengambilnya.

"Nanti akan kita benahi sistemnya dimana pendistribusian peti mati akan dititipkan dari perwakilan beberapa kecamatan, tidak harus ke dinkes," katanya.

Menurut Endang, rencananya dari 30 kecamatan di bagi lima wilayah penitipan peti mati. Nanti akan ditentukan kecamatan mana yang dititipi.

"Akan kita atur sedemikian rupa agar masyarakat tidak kesulitan lagi mendapatkan peti mati," pungkasnya.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini