Klaster Tambang di Ternate, Karyawan yang Terpapar Covid-19 Capai 251 Orang

Ismail Sangaji, iNews · Senin 28 Juni 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 340 2432033 klaster-tambang-di-ternate-karyawan-yang-terpapar-covid-19-capai-251-orang-dt0UCjQd58.jpg Puluhan karyawan pertambangan yang terpapar Covid-19 menuju hotel tempat karantina (Foto: Ismail Sangaji)

TERNATE - Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), sejumlah petugas kesehatan melakukan pengawalan kepada puluhan karyawan perusahan PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat berlabuh di pelabuhan Residen, Kelurahan Muhajirin, Ternate Tengah.

Puluhan karyawan PT NHM ini kemudian langsung diangkut dengan menggunakan bus menuju salah satu hotel yang disewa pihak perusahan sebagai tempat karantina khusus karyawan di Kota Ternate.

Dengan adanya kasus positif puluhan karyawan ini, menambah daftar kasus positif terpapar virus Corona di wilayah pertambangan PT NHM mencapai 251 orang, dan merupakan klaster baru yang dinamakan klaster pertambangan.

"Jumlah kasus positif virus Corona di Halmahera Utara sebanyak 757 kasus dan yang sembuh sebanyak 440 orang, meninggal sebanyak 10 orang dan sisanya sebanyak 307 kasus termasuk 251 karyawan PT.NHM. Di mana, beberapa hari terakhir ini jumlah kasus meningkat dan sudah dilakukan penanganan seperti isolasi mandiri," Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara, Muhamad Tapi-Tapi, Senin (28/6/2021).

Baca juga: Polisi Lakukan Pembatasan di 35 Titik Kawasan Jadetabek

Kadinkes Maluku Utara, Idhar Sidi Umar menuturkan, dengan adanya kasus baru terpaparnya puluhan karyawan perusahan PT NHM, menambah daftar angka kasus positif virus Corona serta mengalami peningkatan jumlah kasus dan merupakan klaster baru di wilayah pertambangan.

"Kasus positif virus Corona di Maluku Utara, terjadi peningkatan sejak bulan Mei kemarin, dan pada bulan Juni ini kasusnya terus meningkat. Ini disebakan saat warga melaksanakan liburan yang kurang menerapkan protokol kesehatan, dan kemungkinan besar adanya warga pendatang yang masuk ke wilayah Maluku Utara," tuturnya.

Baca juga: 3.325 Pekerja Migran Jalani Karantina di Wisma Atlet Pademangan

Diketahui, 251 karyawan PT. NHM, kini menjalani masa karantina yang tersebar di dua daerah, yakni di Kabupaten Halmahera Utara dan Kota ternate. Saat ini data kumulatif pasien kasus positif Corona dari Satuan Tugas Provinsi Maluku Utara mencapai 5.035 kasus yang tersebar di sepuluh Kabupaten dan Kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini