Disuruh Ambil Galon, Napi Lapas Surulangun Rawas Kabur

Era Neizma Wedya, iNews · Senin 28 Juni 2021 02:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 610 2431775 disuruh-ambil-galon-napi-lapas-surulangun-rawas-kabur-b00DY8QXim.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MURATARA - Suhaimi, seorang narapidana (napi) Lapas Kelas III Surulangun Rawas yang berasal dari Kabupaten PALI kabur setelah disuruh untuk mengambil galon air mineral di depan Lapas, Minggu (27/6/2021) sekitar pukul 09.30 WIB. 

Kalapas Indra Yudha saat dikonfirmasi membenarkan adanya seorang napi yang kabur dari Lapas tersebut.

"Benar, yang bersangkutan berhasil kabur dari pintu depan lapas pagi tadi sekitar jam 9.30 WIB, di saat mengambil air galon, dan kelengahan petugas pintu utama dimanfaatkan untuk lari,” katanya.

Baca Juga: 8 Napi Perempuan Lapas Denpasar Tenggak Nutrisari Campur Disinfektan, 1 Tewas

Dijelaskan juga oleh Indra, bahwa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bernama Suhaimi ini merupakan napi kasus kriminal penggelapan (372 KUHP) dengan hukuman 2 tahun kurungan. Dan sebenarnya tak lama lagi bebas pada 5 Oktober 2021 nanti.

"Dia ini sebenarnya tidak lama lagi bebas, bulan Oktober ini, selain itu dia kan kerja di kantin dalam Lapas, jadi dia bantu disuruh ambil galon di depan,” jelas Indra Yudha.

Dan biasanya galon itu langsung diantar ke dalam, tapi mungkin karena yang mengantar sibuk. Jadi, disuruhlah dia ke depan untuk mengambil galon tersebut. Dan saat petugas lengah ia berhasil kabur.

Baca Juga:  Kabur dari Lapas 4 Tahun Lalu, Napi Ditangkap saat Bersantai di Teras

Kejadian ini juga sudah dilaporkan ke gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas tersebut kepada pimpinannya, Kakanwil Kemenkumham Sumsel di Palembang. Ia juga sudah membuat tim untuk melakukan pencarian dan pengejaran terhadap Suhaimi.

"Semoga segera tertangkap, karena kami sudah berkoordinasi dengan Polres Muratara untuk membantu pencarian dan pengejaran," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini