Share

Ibadah Haji Saat Pandemi Covid, Jalur Mataf di Sekitar Kakbah Ditata Ulang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 15 Juli 2021 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 18 2440849 ibadah-haji-saat-pandemi-covid-jalur-mataf-di-sekitar-ka-bah-ditata-ulang-riEwjA0SAD.jpg Total ada 25 jalur melingkar di mataf. (Foto: Saudi Gazette)

MAKKAH ā€” Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci Arab Saudi telah mengatur kembali jalur khusus untuk melakukan tawaf dengan menempatkan stiker lantai jarak fisik baru pada mataf (area melingkar di sekitar Kakbah). Langkah ini merupakan bagian dari persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji mendatang.

Diwartakan Saudi Gazette, penataan ulang itu dilakukan dengan cara yang memastikan adanya jarak fisik antara setiap peziarah sesuai dengan langkah-langkah pencegahan dan protokol pencegahan untuk membendung penyebaran virus corona.

BACA JUGA:Ā Dilarang Masuki Masjidil Haram Tanpa Izin Selama Musim Haji, Pelanggar Didenda Rp38 Juta

Total ada 25 lintasan khusus melingkar di mataf selain empat lintasan di lantai dasar dan lima lintasan di lantai satu gedung mataf, untuk mengantisipasi peningkatan jumlah jemaah haji yang diharapkan.

Kepresidenan Umum yang diwakili olehĀ General Department of Crowds and Grouping telah menyelesaikan pekerjaan menghapus stiker lama dan menempatkan yang baru untuk memfasilitasi pergerakan jemaah selama mengelilingi mereka. Trek khusus telah diperuntukkan bagi jamaah berkursi roda, orang tua, dan orang-orang dengan kebutuhan khusus.Ā 

BACA JUGA:Ā Arab Saudi Setujui Rencana Keamanan Musim Haji 2021

Kepresidenan telah mengatur kembali stiker secara proporsional dengan jumlah jamaah di mataf dan lantai dasar dan lantai pertama Masjidil Haram, sejalan dengan rencana presiden untuk musim haji tahun ini.

Osama Al-Hujaili, direkturĀ General Department of Crowds and Grouping di Masjidil Haram, mengatakan bahwa stiker juga ditempatkan untuk memfasilitasi para peziarah untuk melakukan dua rakaat sholat sunnah setelah tawaf serta di area sholat Ekspansi Raja Fahd. Al-Hujaili mengatakan bahwa departemennya berusaha, melalui prosedur jarak fisik ini, untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan peziarah.

Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat 2025, Lifebuoy dan Halodoc Berkolaborasi Berikan Akses Layanan Kesehatan Gratis

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini