KRI Soeharso Jadi Depo Isi Ulang Oksigen bagi Warga Isoman dan Rumah Sakit

Tim Okezone, Okezone · Kamis 22 Juli 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 519 2444394 kri-soeharso-jadi-depo-isi-ulang-oksigen-bagi-warga-isoman-dan-rumah-sakit-85pjHYHh8f.jpg Pengisian tabung oksigen di KRI Soeharso. (Foto: Dok TNI AL)

JATIM - TNI Angkatan Laut menyiapkan kapal bantu Rumah Sakit KRI dr. Soeharso-990 yang berada di bawah operasi Satuan Kapal Bantu Koarmada II, sebagai depo isi ulang oksigen bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kemampuan generator oksigen yang dimiliki oleh KRI dr. Soeharso-990 yakni dengan tiga nozzle pengisian, mampu mengisi tabung oksigen berkapasitas volume 6.000 liter dalam kurun waktu 1 jam 40 menit. Dan juga tabung dengan kapasitas volume 1.500 liter selama 20 menit selama 24 jam nonstop.

Baca juga: Pesawat TNI AL Patroli Cari 17 Kapal Hilang di Perairan Pontianak

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto berkesempatan meninjau langsung proses pengisian tabung-tabung dengan ukuran yang berbeda, sekaligus penyerahan secara simbolis tabung oksigen kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Penyerahan simbolis itu tanda bahwa Koarmada II secara resmi memulai pelayanan pengisian ulang oksigen gratis guna membantu masyarakat yang sedang isolasi mandiri (isoman) dan rumah sakit yang membutuhkan.

Yudo Margono memerintahkan Panglima Koarmada II untuk memanfaatkan fasilitas generator oksigen KRI dr. Soeharso-990 untuk membantu menyuplai oksigen bagi masyarakat dan rumah sakit yang membutuhkan. 

Baca juga: TNI AL Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pos Tanjung Pasir Tangerang

Sementara mengenai teknis bagi masyarakat untuk mengisi ulang tabung oksigen, Koarmada II akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Pemprov Jawa Timur.

Dahsyatnya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini mendatangkan masalah baru dengan terjadinya kelangkaan oksigen akibat tingginya penderita Covid-19.

Kondisi ini membuat sulit sebagian besar rumah sakit yang sedang merawat pasien Covid-19 yang tergantung pada tabung oksigen, termasuk juga masyarakat yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Langkanya oksigen menjadikan barang tersebut susah diperoleh dan mahal. Andaipun dapat, masyarakat harus merogoh kantong mereka dalam-dalam untuk memperolehnya karena harganya yang berlipat-lipat dari biasanya.

TNI AL secara total akan mengerahkan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan yang memungkinkan untuk membantu mencegah dan memerangi penyebaran Covid-19 menuju Indonesia yang sehat dan bebas dari Covid 19. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini