Gempa Haiti, Pemerintah Kerahkan Semua Bantuan

Susi Susanti, Koran SI · Minggu 15 Agustus 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 18 2455789 gempa-haiti-pemerintah-kerahkan-semua-bantuan-hB7AD8OqOZ.jpg Gempa Haiti, pemerintah akan mengerahkan semua bantuan (Foto: Reuters)

HAITI - Direktur perlindungan sipil Haiti Jerry Chandler mengatakan tim akan dikirim ke daerah itu untuk misi pencarian dan penyelamatanย untuk membantu menangani korban akibat gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter..

Silvera Guillaume, koordinator perlindungan sipil di kota pesisir Les Cayes, mengatakan kepada Washington Post bahwa kota itu mengerahkan responden pertama untuk menyelamatkan orang-orang dari puing-puing tetapi sangat membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk upaya pencarian dan penyelamatan.

Melalui cuitannya di Twitter, Perdana Menteri Haiti Ariel Henry mengatakan akan memobilisasi semua sumber daya pemerintah yang tersedia setelah "gempa hebat" yang telah menyebabkan hilangnya nyawa dan kerusakan di berbagai bagian negara itu.

Dia menambahkan pemerintah mengirim orang ke Les Cayes, sebuah kota pesisir di mana rumah sakit setempat kewalahan dengan orang-orang yang terluka, untuk membantu mengoordinasikan tanggapan. Sebelumnya rumah sakit Haiti telah terbebani tekanan pandemi Covid-19 yang memburuk.

(Baca juga: Gempa Haiti M7,2, Pemerintah Umumkan Keadaan Darurat 1 Bulan)

Henry mengatakan Palang Merah Internasional juga membantu merawat orang-orang yang terluka.

"Yang paling penting adalah memulihkan sebanyak mungkin korban yang selamat di bawah reruntuhan," katanya.

"Kebutuhannya sangat besar. Kita harus merawat yang terluka dan patah, tetapi juga menyediakan makanan, bantuan, tempat tinggal sementara dan dukungan psikologis,โ€ lanjutnya.

Pusat gempa pada Sabtu (14/8) itu terjadi sekitar 100 mil dari Port-au-Prince, ibu kota Haiti.

(Baca juga: Gempa Haiti M7,2, Orang-Orang Berlarian Ketakutan Keluar Rumah, RS Penuh Sesak)

"Kerusakan seharusnya tidak separah 2010, b/c gempa itu mengguncang Intensitas VII ke Port au Prince," cuit seismolog Lucy Jones. Tapi dia memperingatkan guncangan hebat dari gempa terakhir mempengaruhi sekitar 130.000 orang "jadi dampak kerugian akan tinggiโ€.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini