Gempa Haiti M7,2, Pemerintah Umumkan Keadaan Darurat 1 Bulan

Susi Susanti, Koran SI · Minggu 15 Agustus 2021 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 18 2455784 gempa-haiti-m7-2-pemerintah-umumkan-keadaan-darurat-1-bulan-VY0mBmAI6o.jpg Gempa Hati M7,2 menewaskan 304 orang dan menghancurkan banyak bangunan (Foto: Reuters)

HAITIPerdana Menteri baru Haiti, Ariel Henry mengumumkan keadaan darurat satu bulan untuk negara itu akibat gempa berkekuatan 7,2 Skala Richter yang terjadi pada Sabtu (14/8).

Hal ini diungkapkan Henry dan beberapa pejabat terkait pada konferensi pers usai gempa terjadi. Dia mengatakan beberapa kota “hampir rata dengan tanah” akibat gempa hebat itu.

Laporan awal untuk Survei Geologi AS memperkirakan kerusakan ratusan juta dolar. USGS melaporkan sebagian besar wilayah memiliki "struktur yang rentan terhadap guncangan gempa."

Melalui cuitannya di Twitter, Henry mengatakan akan memobilisasi semua sumber daya pemerintah yang tersedia setelah "gempa hebat" yang telah menyebabkan hilangnya nyawa dan kerusakan di berbagai bagian negara itu.

Dia menambahkan pemerintah mengirim orang ke Les Cayes, sebuah kota pesisir di mana rumah sakit setempat kewalahan dengan orang-orang yang terluka, untuk membantu mengoordinasikan tanggapan. Sebelumnya rumah sakit Haiti telah terbebani tekanan pandemi Covid-19 yang memburuk.

(Baca juga: Gempa Haiti M7,2, Orang-Orang Berlarian Ketakutan Keluar Rumah, RS Penuh Sesak)

Henry mengatakan Palang Merah Internasional juga membantu merawat orang-orang yang terluka.

"Yang paling penting adalah memulihkan sebanyak mungkin korban yang selamat di bawah reruntuhan," katanya.

"Kebutuhannya sangat besar. Kita harus merawat yang terluka dan patah, tetapi juga menyediakan makanan, bantuan, tempat tinggal sementara dan dukungan psikologis,” lanjutnya.

(Baca juga: Gempa M7,2 Haiti: Sejumlah Bangunan Roboh dan Sedikitnya 29 Orang Tewas)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini