PBB: Ancaman ISIS Terhadap Keamanan Global Meningkat

Agregasi VOA, · Jum'at 20 Agustus 2021 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 20 18 2458212 pbb-ancaman-isis-terhadap-keamanan-global-meningkat-nMdxAaS6Ge.jpg Pejuang ISIS di Afghanistan (Foto: VOA)

WASHINGTON - Dalam sebuah laporan baru, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan ancaman terhadap perdamaian dan keamanan internasional dari kelompok ekstremis ISIS meningkat. Itu menunjukkan perluasan afiliasi ISIS yang "mengkhawatirkan" di Afrika dan fokus pada kembalinya kelompok yang sebelumnya menyatakan diri "kekhalifahan" di Suriah dan Irak itu.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBB untuk urusan kontra-terorisme Vladimir Voronkov yang menyampaikan laporan itu juga mencatat bahwa ISIS telah memperluas kehadirannya di Afghanistan.

“Kita perlu memastikan Afghanistan tidak akan lagi digunakan sebagai tempat bersarangnya terorisme global. Ancaman ISIS terhadap perdamaian dan keamanan internasional selama periode penelitian (untuk laporan ini) tetap signifikan dan stabil selama enam bulan terakhir, meningkatkan kekhawatiran internasional yang serius,” terangnya.

(Baca juga: Direktur WHO: Booster Covid-19 Perlebar Kesenjangan Vaksin)

Laporan kepada Dewan Keamanan PBB itu menjelaskan ISIS dan kelompok teroris lainnya memperoleh keuntungan dari sejumlah "gangguan, kemalangan dan kemunduran dalam pembangunan" yang disebabkan pandemi Covid-19, baik di lapangan maupun daring.

“Sementara beberapa lockdown di daerah-daerah yang tidak mengalami konflik menekan aktivitas teroris, di sejumlah daerah konflik di mana aturan pembatasan pandemi kurang berdampak, ancaman ISIS sekarang “mengalami peningkatan," lanjutnya.

 (Baca juga: Polisi Selidiki Ancaman Bom di Gedung Capitol)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini