Share

Biden Pertahankan Tenggat Waktu Penarikan Pasukan AS dari Afghanistan

Agregasi VOA, · Rabu 25 Agustus 2021 05:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 25 18 2460633 biden-pertahankan-tenggat-waktu-penarikan-pasukan-as-dari-afghanistan-8YHumO3vp9.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: AP via VOA)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana tetap mempertahankan tenggat waktu 31 Agustus bagi pasukan AS untuk meninggalkan Afghanistan.

Seorang pejabat pemerintah pada Selasa (24/8) mengataka Biden dan para pemimpin G-7 lainnya telah bertemu secara virtual untuk membahas situasi di Afghanistan. Beberapa kepala negara mendesaknya untuk mempertahankan pasukan AS di negara itu setelah tenggat waktu minggu depan guna memfasilitasi upaya evakuasi yang sedang berlangsung.

Taliban telah menolak perpanjangan tenggat waktu.

โ€œSaya akan meminta teman-teman dan sekutu kita untuk mendukung rakyat Afghanistan dan meningkatkan dukungan bagi pengungsi dan bantuan kemanusiaan,โ€ kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjelang pertemuan virtual G-7.

(Baca juga: Wapres AS: China Lakukan Pemaksaan, Intimidasi di Laut China Selatan)

Dengan hanya satu minggu menjelang batas waktu yang ditetapkan Biden, puluhan ribu warga Barat dan Afghanistan yang sebelumnya mendukung upaya AS terpaksa menuju Bandara Internasional Hamid Karzai dengan harapan bisa mencapai gerbang dan selamat terbang keluar dari negara itu.

Gedung Putih pada Selasa (24/8) pagi mengatakan dalam 24 jam terakhir, 21.600 orang lainnya telah dievakuasi, tetapi ribuan lainnya yang ingin meninggalkan negara itu masih di Afghanistan.

Banyak warga Afghanistan mengatakan sulit, bahkan mustahil untuk melewati pos pemeriksaan Taliban yang berjajar di sekeliling bandara. Para pejabat Taliban tampaknya tidak mau memberi Amerika banyak kelonggaran, dan menyebut tenggat waktu itu sebagai โ€œbatas akhir.โ€

(Baca juga: Taliban Minta Amerika Berhenti Menyuruh Warga Pergi dari Afhanistan)

Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan kepada wartawan Senin di Gedung Putih mengatakan, "Kita sedang dalam pembicaraan dengan Taliban, setiap hari melalui saluran politik dan keamanan" mengenai "setiap aspek dari apa yang terjadi di Kabul sekarang."

Pejabat AS mengatakan, Direktur Badan Intelijen CIA, William Burns, pada Senin (23/8) berada di Kabul untuk bertemu dengan pemimpin politik utama Taliban, Abdul Ghani Baradar.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini