Taliban Perintahkan Warga Kabul Serahkan Senjata, Amunisi, dan Barang Milik Negara

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 30 Agustus 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 18 2463476 taliban-perintahkan-warga-kabul-serahkan-senjata-amunisi-dan-barang-milik-negara-iP3WUfjpP7.jpg Foto: Reuters.

KABUL - Taliban telah memerintahkan orang-orang yang tinggal di ibu kota Afghanistan untuk menyerahkan senjata, amunisi, dan "barang milik negara" yang mereka miliki kepada "otoritas terkait" yang dikendalikan oleh kelompok tersebut. Taliban memberikan tenggat waktu sepekan untuk penyerahan barang-barang itu.

BACA JUGA: Kemlu: Indonesia Tak akan Tergesa-gesa Akui Pemerintahan Taliban

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid, mengonfirmasi perintah tersebut di Twitter, menambahkan bahwa setiap "pelanggar" akan ditangani "secara hukum" jika ditemukan, setelah batas waktu berakhir, demikian dilaporkan RT.

Langkah itu diberlakukan pada Jumat (27/8/2021), sehari setelah bandara Kabul diguncang oleh serangkaian ledakan yang menewaskan 175 orang. Serangan teroris diklaim oleh sel Negara Islam Khorasan atau ISIS-K, yang aktif di Afghanistan.

BACA JUGA: Kecam ISIS-K, Taliban: Tak Ada Pembenaran Membunuh Orang Tak Bersalah Atas Nama Islam

Taliban mengatakan bahwa setidaknya 28 pejuangnya termasuk di antara mereka yang tewas dalam ledakan itu. Kelompok itu juga berjanji untuk meningkatkan keamanan di bandara Kabul untuk mencegah serangan di masa depan. Ia menambahkan bahwa mereka akan mendirikan pos penjagaan tambahan di semua lapangan terbang di sekitar Afghanistan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini