Share

Curi Ikan, 4 Kapal Berbendera Vietnam Ditangkap di Perairan Natuna

Gusti Yennosa, iNews · Selasa 31 Agustus 2021 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 31 340 2464080 curi-ikan-4-kapal-berbendera-vietnam-ditangkap-di-perairan-natuna-XgZymdmqTl.jpg Bakamla menangkap 4 kapal asing dengan 44 ABK Vietnam (Foto: Gusti Yennosa)

BATAM - Korpolairud Baharkam Mabes Polri menangkap empat kapal asing berbendera Vietnam yang melakukan pencurian ikan di perairan Natuna Utara. Dari tindakan tersebut , 44 anak buah kapal (ABK) berkewarganegaraan Vietnam beserta 1 ton ikan hasil curian diamankan petugas.

Aksi pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing di perairan Indonesia, terutama perairan Natuna tidak pernah ada habisnya. Meski kerap ditangkap petugas, namun tidak memberi efek jera pada pelaku ilegal fishing asal Vietnam.

Baca Juga:  TNI AL Tangkap Kapal Ikan Asing Berbendera Taiwan di Laut Natuna Utara

Bahkan, beberapa hari lalu, petugas dari Polairud Baharkam Mabes Polri kembali menangkap empat kapal asing berbendera Vietnam di perairan Natuna Utara. Dalam penangkapan ini, petugas mengamankan 40 orang ABK kapal serta empat nahkoda berkewarganegaraan Vietnam.

Tak hanya itu, petugas juga mengamankan lebih dari satu ton ikan segar hasil curian kapal asing tersebut.

Menurut Komjen Kabagharkam Polri Arif Sulistyanto, modus yang dilakukan pencurian ikan ini yakni dengan memasuki wilayah perairan Indonesia pada malam hari. Dan akan kembali ke perairan Vietnam pada siang hari. Selanjutnya, hasil curian ikan itu akan ditransfer ke kapal penampung.

Kapal-kapal asing tersebut dalam melakukan kegiatan pencurian ikan menggunakan jaring trowl.

Sementara itu, diduga dalam satu bulan masing-masing kapal berhasil mencuri ikan hingga 20 ton per bulan. Kegiatan pencurian ikan oleh nelayan asing ini berpotensi merugikan negara hingga triliunan rupiah.

Baca Juga:  Bakamla Tangkap 2 Kapal Ikan Berbendera Vietnam di Laut Natuna

Saat ini, polisi terus melakukan pendalaman terkait adanya dugaan kapal induk milik asing sebagai kapal penampung hasil curian yang juga kerap hilir mudik di perairan Indonesia tepatnya di perairan Natuna Utara.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini