Napi Hamil 9 Bulan Teriak Kesakitan, Bikin Panik Seluruh Rutan Salatiga

Lurisa Lulu, iNews · Senin 13 September 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 512 2470433 napi-hamil-9-bulan-teriak-kesakitan-bikin-panik-seluruh-rutan-salatiga-aIAHpC4Ua9.jpg Seorang napi perempuan hamil mengalami konstraksi hingga bikin panik seluruh Rutan Salatiga. (iNews/Lurisa Lulu)

SALATIGA – Seorang narapidana (napi) perempuan yang tengah hamil 9 bulan bikin panik penghuni dan petugas rumah tahanan (rutan) kelas IIB Salatiga, Jawa Tengah, Minggu (12/9/2021). Napi bernama Wika Ningsih, menjerit kencang lantaran mengalami kontraksi.

Hal ini mengakibatkan sejumlah napi lainnya panik. Korban kemudian segera dievakuasi ke ruang medis setelah memanggil petugas melalui tombol darurat yang dipasangi di tiap sel.

Kesakitan mendadak itu merupakan reaksi kontraksi pada perut napi tersebut. Hal itu mengingat Wika tengah hamil sembilan bulan.

Sipir kemudian mengevakuasi napi yang tengah hamil tua itu ke ruang kesehatan untuk mendapat penanganan medis.

“Tadi salah satu teman ada yang merasakan kontraksi, kita semua panik dan bingung. Kita langsung panggil petugas dengan memencet tombol emergency call,” kata warga binaan, Meisya Mulyani.

“Alhamdulillah petugas cepat datang. Adanya emergency call ini sangat membantu , dari petugas ya sangat cepat menanganinya,” katanya.

Kepala Rutan Salatiga, Andri Lesmano mengatakan, pihaknya telah memasang emergency call atau tombol darurat di seluruh kamar sel guna mencegah terjadinya kondisi darurat seperti keributan. bencana alam, maupun kebakaran.

“Dengan tombol tersebut, para napi bisa segera memanggil petugas hanya dengan cukup sekali menekan tombol ,” kata Andri.

Dia mengatakan, panel emerrgency call yang berada di ruang kontrol secara otomatis akan menyala. Sehingga lokasi kamar bisa langsung diketahui dan didatangi petugas.

Baca Juga : 3 Kejadian Tidak Biasa di Dalam Lapas

Sebagaimana diketahui, mengantisipasi terjadinya kebakaran seperti yang melanda Lapas Tangerang, Rutan Salatiga telah melakukan langkah pencegahan sejak dini dengan pengecekan berkala dan perawatan genset dan rangkaian kabel listrik .

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini