Kemenkumhan Konfirmasi Kapal Pengayoman IV Tenggelam di Nusakambangan

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 17 September 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 340 2472810 kapal-pengayoman-iv-tenggelam-di-nusakambangan-xGutbXIzTp.jpg Kapal Kemenkumham tenggelam di perairan Nusakambangan (Foto:Antara)

NUSAKAMBANGANKementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengkonfirmasi informasi tentang kapal Pengayoman IV yang tenggelam di Nusakambangan. Kemenkumhan membenarkan informasi tersebut. 

Melalui siaran pers diinformasikan kronologi insiden tersebut. Pada Jumat, (17/9), pukul 09.00 WIB, kapal pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga sodong mengangkut 2 truk proyek dan beberapa petugas.

Lalu, ketika berada ditengah perjalanan kapal mulai terlihat oleng dikarenakan angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat.

Usai kejadian ini, Sesditen PAS langsung menuju ke Nusakambangan untuk melakukan koordinasi dan memonitor pelaksanaan penanganan dengan Kakanwil Jateng.

(Baca juga: 8 Bandar Narkoba Dikirim ke Nusakambangan, Satu di Antaranya Terpidana Mati)

Setelah itu mengambil langkah-langka sesuai laporan awal Kalapas 1 Batu NK.

Yakni mengerahkan kapal pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan.

Adapun dari hasil evakuasi sementara 6 orang dievakuasi 4 orang selamat. Mereka yang selamat yaitu nahkoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu) dan awak kapal. Sedangkan 2 orang meninggal yakni petugas lapas dan pekerja proyek.

(Baca juga: Lapas Kelebihan Kapasitas hingga 131%, Terbanyak Narapidana Kasus Narkoba)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini