Bule Berikan Uang Ratusan Ribu Usai Vaksin, Reaksi Nakes di Jepara Ini Mengejutkan

Alip Sutarto, iNews · Sabtu 18 September 2021 16:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 18 512 2473368 bule-berikan-uang-ratusan-ribu-usai-vaksin-reaksi-nakes-di-jepara-ini-mengejutkan-cfb4FID1tA.jpg Bule berikan uang ke nakes sebagai bentuk terima kasih. (Foto: Alip Sutarto)

JEPARA - Aksi terpuji dilakukan oleh petugas vaksinasi Covid-19 Puskesmas Pakisaji, Kabupaten Jepara, Sabtu (18/9/2021). Mereka menolak pemberian uang dari seorang bule yang senang karena mendapat pelayanan vaksinasi yang maksimal di puskesmas tersebut.

Bule itu diketahui bernama Alain Claire Maurice M Van Den Bossche yang beralamat di Desa Kecapi, Nganjir, Tahunan, Jepara. Sama seperti warga lainnya, sejak pagi Alain Claire sudah hadir di Puskesmas Pakisaji untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

Usai disuntik vaksin Moderna, ia kembali duduk ke bangkunya dan sesekali terlihat berbincang dengan warga lainnya.

Saat namanya disebut untuk penyerahan sertifikat vaksin, Alain Claire maju ke loket petugas. Setelah selesai, ia lantas mengeluarkan beberapa lembar uang pecahan Rp50 ribuan. Tak diketahui berapa jumlahnya, namun jika melihat gulungan uang kertas warna biru itu, diperkirakan nominalnya antara Rp300 ribu-Rp500 ribu atau bahkan lebih. 

Baca juga: Dokter Campur Sperma ke Makanan Istri Teman Ternyata Kelainan Jiwa, Polisi: Kasus Jalan Terus

"Saya senang dan berterima kasih," kata Alain Claire dalam bahasa Indonesia dengan logat ala bule.

Setelah itu, Alain Claire langsung meninggalkan petugas vaksinasi. Namun petugas yang diberi uang langsung berdiri dan mengejar si bule.

Di parkiran, petugas itu langsung berusaha mengembalikan uang tersebut. Namun Alain Claire menolak. Beberapa kali, petugas vaksinasi menaruh uang itu di tangan Alain Claire. Namun bule itu tetap tak mau menerimanya.

Petugas vaksinasi itu juga bersikukuh tak mau menerima. Ia beralasan pemberian itu bisa dikategorikan gratifikasi.

"Mister, kita ga boleh (menerima). Vaksinasi itu gratis mister," ucap petugas vaksinasi yang tak mau disebut namanya itu. 

Karena sama-sama mentok, Alain Claire lantas meminta juru parkir membeli bakso dan makanan lain untuk dibagikan kepada petugas vaksinasi maupun warga lain yang sedang beraktivitas di Puskesmas Pakisaji. Tapi sama seperti petugas vaksinasi, juru parkir itu juga menolak permintaan Alain Claire.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mudrikatun mengatakan, pihaknya selalu menekankan kepada jajarannya agar memberikan pelayanan yang maksimal dengan sepenuh hati dan tidak membeda-bedakan latar belakangnya. Langkah itu dinilainya penting untuk mewujudkan kesehatan masyarakat.

"Tak kalah penting juga diniati ibadah yang ikhlas. Anggap saja pelayanan itu bagian bekal kita untuk akhirat," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini