Pekerja Migran yang Tengah Isolasi Covid-19 Lahirkan Bayi Laki-Laki

Nur Syafei, iNews · Rabu 22 September 2021 07:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 519 2474979 pekerja-migran-yang-tengah-isolasi-covid-19-lahirkan-bayi-laki-laki-DMs9Ii4azM.jpg Sejumlah petugas dengan pakain APD lengkap tengah mengadzankan bayi laki-laki dari seorang ibu yang positif Covid-19 (Foto : iNews)

SURABAYA - Seorang pekerja migran Indonesia yang terpapar Covid-19 yang kini tengah menjalani isolasi di rumah sakit lapangan Indrapura Surabaya, Jawa Timur melahirkan seorang bayi laki-laki. Prsoses mengadzan kan sang bayi pun terekam dala vide amatir.

Bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat, namun petugas kesehatan belum mengetahui bayi tersebut ikut terpapar Covid-19 atau tidak. Kini tim medis masih menungguh hasil swab dari bayi tersebut.

Dalam sebuah video amatir, nampak pasien menjalani persalinan dengan cepat karena kondisi ketuban kandungan si ibu sudah pecah dan kondisi bayi sudah siap keluar dari kandungan, meski usia kehamilan baru memasuki delapan bulan.

Tim medis RS Lapangan langsung sigap mengerahkan bidan untuk membantu persalinan ibu asal Pamekasan Madura tersebut. Dalam waktu 15 menit, akhirnya ibu berhasil melahirkan bayinya dengan selamat.

Bayi yang dilahirkan berjenis kelamin laki-laki dengan berat 2,5 kilogram dan panjang 28 sentimeter. Hasil pemeriksan denyut jantung ibu dan bayi dalam kondisi normal.

Baca Juga : Berikut Rincian Lengkap Wilayah yang Masih Terapkan PPKM Level 3 dan 2

Hingga saat ini, tim medis rsli masih menungguh hasil pemeriksaan swab bayi apakah terpapar covid atau tidak. Sementara si ibu diedukasi untuk selalu memakai masker saat menyusui agar bayi tidak tertular.

"Sekitar pukul 20.20 WIB, bayinya sudah lahir nangisnya keras. Untuk proses menyusui ibunya tetap kita edukasi agar terus memakai masker," ujar Dokter Umum RS Lapangan Indrapura, M Ainul Rohman Firmansyah, Rabu (22/9/2021).

Ibu yang melahirkan tersebut adalah seorang pekerja migran di Malaysia, ia pulang kampung halaman di Pamekasan Madura untuk persiapan persalinan. Namun saat menjalani karantina di Asrama Haji Surabaya, hasil tes swab dinyatakan positif Covid-19, sehingga sang ibu harus diisolasi di Rumah Sakit Lapangan Surabaya.

Kasus ibu melahirkan di RS Lapangan Indrapura Surabaya ini adalah untuk pertama kalinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini