Amankan PON Papua, 500 Prajurit Gabungan Tiga Matra di Merauke Disiagakan

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 26 September 2021 15:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 340 2477069 amankan-pon-papua-500-prajurit-gabungan-tiga-matra-di-merauke-disiagakan-gLasf2TChV.jpg foto: ist

MERAUKE - TNI menggelar apel gelar pasukan dalam rangka persiapan pengamanan PON XX Papua 2021 (Cluster Merauke). Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memimpin apel ini dan diikuti 500 orang personel TNI dari tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU yang ada di wilayah Kabupaten Merauke.

(Baca juga: Bharada Kurniadi Gugur, Sejumlah KKB Teroris Lamek Taplo Jatuh ke Jurang saat Baku Tembak)

Apel gabungan tersebut bertempat di Lapangan Apel Korem 174/ATW Jalan Poros Tanah Miring, Kampung Kamangi, Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Sabtu, 25 September 2021.

Pada Apel Gelar Pasukan tersebut, bertindak sebagai Komandan Apel Gabungan yaitu Letkol Inf Ferizal (Danyonif 757/GV).

Danrem Brigjen TNI Bangun Nawoko menyampaikan selamat datang di Markas Komando Resor Militer 174/Anim Ti Waninggap. Anim Ti Waninggap adalah nama yang diberikan oleh orang tua suku Marind yang artinya “Kami Adalah Saudara Yang Baik”.

“Hal ini mengandung makna bahwa kita sebagai Prajurit yang bertugas dan mengabdi di wilayah Merauke ini harus bisa menjadi Saudara yang baik bagi siapa saja. Untuk itu, kita sebagai aparat keamanan jangan bertindak dan berperilaku sesuka hati diluar aturan-aturan Militer dan diluar aturan etika kehidupan,” ujarnya Minggu (26/9/2021).

Lebih lanjut Danrem mengatakan, bahwa dalam rangka menjamin keamanan pelaksanaan PON XX Papua khususnya di Merauke, kita harus berkolaborasi dan bersinergi sehingga selama perhelatan PON XX tahun 2021 harus sukses, harus lancar, obyek harus nyaman, dan tidak boleh ada kekerasan terhadap masyarakat.

(Baca juga: Satu Brimob Gugur, Ini Kronologi Baku Tembak Satgas dengan KKB Teroris Lamek Taplo di Kiwirok)

“Kita harus menggunakan pendekatan-pendekatan yang humanis terhadap masyarakat, itu yang harus kalian tanamkan di benak kalian pada saat menjalankan tugas pengamanan ini,” ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Papua merupakan komitmen Negara, kesungguhan dari Pemerintah kita untuk menunjukkan pada dunia bahwa Papua bisa, bahwa pembangunan di Papua sudah berjalan, bahwa keamanan di Papua sudah baik.

“Ini adalah tanggung jawab kita semua dalam mensukseskan jalannya Pekan olahraga Nasional, karena di Merauke ada enam cabang olahraga yang akan dipertandingkan yaitu sepak bola putri, Anggar, Catur, Gulat, Wushu dan cabang olahraga bermotor,” katanya.

Danrem berharap agar semua prajurit yang terlibat dalam pengamanan PON Papua memahami betul tugasnya, sehingga semua dapat berjalan sesuai rencana. Untuk itu, setelah apel gelar pengamanan ini laksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) karena saya ingin setiap ketua kelompok harus mengetahui tugas anggotanya masing-masing.

Usai TFG dilanjutkan konvoi kendaraan bersama pihak Kepolisian sebagai bentuk kolaborasi dan sinergitas dalam pelaksanaan pengamanan PON XX.

Hadir dalam kegiatan apel tersebut Danlanud J.A. Dimara Merauke, Asops Lantamal XI/Merauke, para Kasi Korem 174/ATW, Dandim 1707/Merauke, Danyonif 757/GV, Danyonif 755/Yalet/20/3/Kostrad dan para Dansatdisjan jajaran Korem 174 /ATW Merauke.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini