Ketika Petugas Damkar Berjibaku Evakuasi Sarang Tawon Vespa

Abdullah Sani Hasibuan, iNews · Selasa 05 Oktober 2021 06:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 05 608 2481324 ketika-petugas-damkar-berjibaku-evakuasi-sarang-tawon-vespa-G71W08guq8.jpg Petugas Damkar berjibaku mengevakuasi sarang tawon vespa (Foto : iNews)

TEBING TINGGI - Keberadaan sarang tawon vespa di lantai empat sebuah ruko di Jalan KF Tandean Kelurahan Pasar Baru, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, membuat cemas warga. Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tebing Tinggi pun berjibaku mengevakuasi sarang tawon vespa tersebut.

Menggunakan api, para petugas berjibaku membongkar sarang tawon berdiameter satu meter yang menempel kuat di atas bangunan milik Aripin yang digunakan untuk apotik tersebut, Senin (4/10/2021) tengah malam.

Aripin mengaku, sarang tawon berdiameter sekitar satu meter itu, pertama kali diketahuinya setelah diberi tahu para tetangga. "Tetangga saya banyak yang cerita, setelah saya cek benar ada sarang tawon besar. Khawatir dengan keselamatan warga, akhirnya saya lapor ke petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan," ujarnya.

Baca Juga : 2 Bocah Diserang Tawon Vespa, Sarangnya Seukuran Galon Air

Sementara Petugas Pemadam Kebakaran dan Peyelamatan Kota Tebing Tinggi, Hersan mengatakan, setelah menerima laporan warga langsung terjun ke lokasi untuk mengevakuasi sarang tawon. Namun untuk menghindari sengatan tawon, serta mengurangi risiko diserang tawon, petugas harus melakukan evakuasi sarang tawon itu pada malam hari.

"Prosedurnya memang dibakar terlebih dahulu, untuk mengurangi risiko sengatan tawon berbahaya ini. Setelah itu, baru dilakukan evakuasi sarangnya. Sarang tawon kami bawa ke tempat yang tidak mengganggu warga," tegasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini