PM Peru Bellido Mengundurkan Diri Setelah Baru 2 Bulan Menjabat

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 07 Oktober 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 18 2482473 pm-peru-bellido-mengundurkan-diri-setelah-baru-2-bulan-menjabat-hgPgpqr6wm.JPG Perdana Menteri Peru Guido Bellido dan Presiden Peru Pedro Castillo dalam sebuah acara di Ayaucho, Peru, Juli 2021. (Foto: Reuters)

LIMA - Presiden Peru Pedro Castillo mengatakan dia telah menerima pengunduran diri Perdana Menteri Guido Bellido pada Rabu (6/10/2021), tanpa memberikan alasan kepergiannya. Bellido muncur hanya dua bulan setelah menjabat dalam pemerintahan sayap kirinya.

Bellido adalah tokoh yang tidak banyak diketahui sebelum menjabat sebagai PM Peru, tetapi keterlibatannya membuat Kongres, yang dipimpin oposisi, gelisah karena telah lelah dengan pemerintahan beraliran ekstrem kiri.

BACA JUGA: Belum Seminggu Menjabat, Presiden Peru Manuel Merino Mengundurkan Diri 

Seperti Castillo, Bellido adalah anggota partai Marxis-Leninis Peru Bebas, tetapi dipandang sebagai anggota pemerintah yang lebih kiri.

Dalam beberapa pekan terakhir, Bellido telah berbicara secara terbuka tentang nasionalisasi sumber daya gas alam Peru, yang dioperasikan oleh konsorsium yang dipimpin oleh Pluspetrol Argentina. Dia juga membela menteri tenaga kerjanya, yang telah diinterogasi oleh Kongres dalam sidang resmi karena diduga menjadi bagian dari pemberontakan Maois di masa mudanya.

BACA JUGA: Pilpres AS Disebut Jadi Target Serangan Ilmu Hitam 

Bellido mengatakan dia akan mengajukan seluruh kabinet untuk mosi tidak percaya jika Kongres mencoba mengecam menteri tenaga kerja, Iver Maravi.

"Keseimbangan kekuatan adalah jembatan antara supremasi hukum dan demokrasi," kata Castillo dalam sebuah pesan kepada negara yang mengumumkan pengunduran diri Bellido sebagaimana dilansir Reuters.

"Mosi percaya, dengar pendapat (Kongres) dan kecaman tidak boleh digunakan untuk menciptakan ketidakstabilan politik," tambahnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini