Share

21 Titik Panas Terdeteksi di Kalimantan Timur

Antara, · Kamis 07 Oktober 2021 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 340 2482453 21-titik-panas-terdeteksi-di-kalimantan-timur-YHe6Ro9EdF.jpg Titik panas di Kaltim (Foto: Antara)

BALIKPAPAN - Stasiun Meteorologi Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan mendeteksi 21 titik panas (hotspot) yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur.

"Ke-21 titik panas yang terpantau hari ini tersebar di empat daerah, yakni Kabupaten Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, dan Kabupaten Berau," ujar Kepala Stasiun Meteorologi SAMS Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti di Balikpapan, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga:  BMKG Deteksi 7 Titik Panas Muncul di Wilayah NTT

Rinciannya 1 hotspot di Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser dengan tingkat kepercayaan menengah, 2 titik di Kabupaten Kutai Barat dengan tingkat kepercayaan juga menengah, yakni Kecamatan Muara Pahu dan Kecamatan Bongan.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara terdeteksi 2 hotspot, yakni di Kecamatan Loajanan dan Kecamatan Muara Jawa, dengan tingkat kepercayaan masing-masing menengah.

Ia melanjutkan, kabupaten yang paling banyak terdeteksi hotspot adalah Berau yang mencapai 16 titik yang tersebar pada 5 kecamatan dengan tingkat kepercayaan semua menengah.

Rinciannya adalah di Kecamatan Gunung Tabur terdapat 1 titik, Kecamatan Tabalar ada 3 titik, Kecamatan Teluk Bayur ada 1 titik, Kecamatan Sambaliung 9 titik, dan Kecamatan Kelay ada 2 titik.

Baca Juga:  BMKG Deteksi 50 Titik Panas di Kalimantan Selatan

Sedangkan untuk prakiraan berbasis hujan lebat Kaltim pada 6-7 Oktober, lanjutnya, hujan lebat yang bisa berdampak banjir dapat terjadi di Kabupaten Mahakam Ulu dan Kutai Barat, sehingga perlu waspada untuk dua daerah tersebut.

"Untuk prakiraan cuaca dan gelombang di Kaltim pada Kamis (7/10), cuaca berawan dengan gelombang rendah dan sedang dapat terjadi di Perairan Balikpapan, Selat Makassar, Perairan Samarinda-Bontang, dan Perairan Kalimantan Utara," ujar Erika.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini