Irak Tangkap Wakil Pimpinan IS yang Tewas, Abu Bakr Al Baghdadi

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 11 Oktober 2021 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 18 2484700 irak-tangkap-wakil-pimpinan-is-yang-tewas-abu-bakr-al-baghdadi-H3NYxagj6z.jpg Foto: Reuters.

DUBAI - Irak telah menangkap Sami Jasim, seorang anggota tinggi Negara Islam (IS) yang bertanggung jawab atas keuangan kelompok itu, sekaligus wakil dari Pimpinan IS yang telah tewas Abu Bakr al-Baghdadi. Penangkapan Jasim diumumkan Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi di Twitter pada Senin (11/10/2021).

BACA JUGA: Pentagon: Jenazah Abu Bakr Al Baghdadi Dibuang Setelah Dikonfirmasi Identitasnya

"Sementara pahlawan (pasukan keamanan Irak) kami fokus mengamankan pemilihan, rekan (dinas intelijen nasional Irak) mereka melakukan operasi eksternal yang kompleks untuk menangkap Sami Jasim," katanya sebagaimana dilansir Reuters, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi tersebut.

Baghdadi tewas dalam serangan oleh pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di barat laut Suriah pada 2019.

Departemen Luar Negeri AS pada saat itu menawarkan hadiah untuk informasi yang mengarah ke lokasi para pemimpin ISIS yang diidentifikasi termasuk Jasim.

BACA JUGA: Turki Tangkap Kakak Perempuan Mantan Pemimpin ISIS Abu Bakr al Baghdadi

Menurut Washington, Jasim berperan penting dalam menjalankan operasi minyak dan gas kekhalifahan, barang antik dan sumber daya mineral ketika mereka memperoleh wilayah di Suriah dan Irak. Jasim berusaha menggunakan minyak sebagai aliran pendanaan baru untuk kelompok tersebut.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini