Diduga Konstruksi Tak Kuat, Atap Masjid Besar Nguter di Sukoharjo Ambrol

Wahyuendro, iNews · Kamis 21 Oktober 2021 04:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 21 512 2489301 diduga-konstruksi-tak-kuat-atap-masjid-besar-nguter-di-sukoharjo-ambrol-S9w1q3YdRb.jpg Atap Masjid Nguter di Sukoharjo ambrol (Foto: Wahyuendro)

SUKOHARJO - Bangunan serambi Masjid Besar Nguter di Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ambrol pada Rabu 20 Oktober 2021. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Untuk sementara, aktivitas masjid dihentikan.

Petugas relawan dan TNI-Polri dari Polres Sukoharjo melakukan pembersihan puing-puing dari hancurnya atap serambi Masjid Besar Nguter. Garis polisi dipasang petugas di area masjid untuk menutup sementara aktivitas masjid hingga pembersihan dan pemeriksaan terhadap robohnya atap dan baja ringan di masjid tersebut.

Baca Juga:  Atap Gedung Margo City Depok Ambruk, Pengelola: Tak Ada Korban Jiwa

Ketua Pengurus Masjid Besar Al Furqon Nguter, Mujiono mengatakan, robohnya atap dan patahnya baja ringan diketahui petugas kebersihan masjid pada Rabu pagi. Saat itu, petugas bersangkutan tengah membersihkan bagian dalam masjid, hingga tiba-tiba terdengar suara dan ternyata bangunan serambi masjid ambruk. Kemungkinan ambruknya serambi itu karena konstruksi yang tak kuat menahan beban.

Sementara Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan dugaan sementara ambruknya bangunan karena kesalahan konstruksi. Pihaknya telah meminta anggotanya untuk melakukan penyelidikan terhadap ambruknya serambi Masjid Al Furqon ini. Namun, saat ini petugas bersama relawan fokus pada pembersihan puing-puing bagunan yang ambrol.

Akibat kejadian ini, petugas dan pengurus masjid menutup sementara masjid untuk aktivitas ibadah. Masjid Besar Al Furqon Nguter yang dibangun pada tahun 2016 ini selalu digunakan warga untuk menunaikan ibadah sholat lima waktu. Para jamaah tak hanya dari wilayah Nguter dan sekitar, namun juga warga yang tengah melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga:  Kubah Masjid di Rangkasbitung Ambruk, Nyaris Timpa Jamaah Sedang Sholat

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini