Share

Kepala BNPB Minta Pemkot Batu Antisipasi Banjir Susulan

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 05 November 2021 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 519 2496975 kepala-bnpb-minta-pemkot-batu-antisipasi-banjir-susulan-PHhG7azLrj.jpg Kepala BNPB, Ganip Warsito (foto: istimewa)

JAKARTA - Menyikapi kejadian bencana banjir bandang tersebut, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Ganip Warsito memberikan pesan khusus kepada Pemerintah Kota Batu.

Adapun pesan tersebut adalah beberapa hal terkait langkah penanganan yang harus diutamakan, mulai dari penyelamatan dan pertolongan korban, evakuasi warga sekitar DAS Brantas hingga antisipasi dari adanya potensi dampak banjir susulan.

Baca juga:  Kisah Perempuan di Kota Batu Lompati Atap Rumah Demi Selamat dari Banjir Bandang

Hal itu disampaikan Ganip langsung kepada Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko melalui pesan singkat, mengingat berdasarkan prakiraan cuaca BMKG bahwa hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Provinsi Jawa Timur hingga Jumat (5/11).

“Utamakan penyelamatan warga dan pertolongan terhadap korban. Sebagai antisipasi banjir atau hujan susulan agar warga sekitar DAS Anak Brantas dievakuasi ke tempat aman,” ujar Ganip dalam keterangan yang diterima, Jumat (5/11/2021).

Baca juga:  Terdampak Banjir Bandang Kiriman, 400 Warga Kota Malang Mengungsi

Lebih lanjut, Ganip juga mendorong Pemerintah Kota Batu agar segera mendirikan posko darurat untuk koordinasi para pihak pengendalian. Dia juga meminta agar koordinasi dengan lintas terkait terus dilakukan sampai penanganan dan penanggulangan bencana banjir bandang selesai.

“Segera dirikan posko untuk koordinasi para pihak dan pengendalian,” ucap Ganip.

Ganip juga mengatakan, bahwa BNPB akan senantiasa mendistribusikan kebutuhan logistik dan peralatan guna percepatan penanganan bencana banjir bandang Kota Batu.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini