Share

AS Akan Buka Kembali Perbatasan untuk Pelancong yang Divaksinasi Penuh Usai Ditutup Selama 20 Bulan

Susi Susanti, Okezone · Senin 08 November 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 18 2498222 as-akan-buka-kembali-perbatasan-untuk-pelancong-yang-divaksinasi-penuh-usai-ditutup-selama-20-bulan-gO9SMXoMLC.jpg AS buka kembali perbatasan usai ditutup selama 20 bulan (Foto: New York Times)

NEW YORKAmerika Serikat (AS) membuka kembali perbatasannya pada Senin (8/11) untuk pengunjung asing yang sudah divaksin Covid-19 dua kali. Pembukaan ini mengakhiri larangan masuk selama 20 bulan.

Larangan itu diberlakukan mantan Presiden Donald Trump karena Covid-19.

Ini telah mempengaruhi warga non-AS dari lebih dari 30 negara, termasuk Inggris dan negara-negara Uni Eropa, memisahkan keluarga dan menghentikan pariwisata.

Maskapai mengharapkan banjir pengunjung karena pembatasan dicabut bagi mereka yang divaksinasi penuh, dan menjalani pengujian dan pelacakan kontak.

 Baca juga: Amerika Serikat Buka Perbatasan Darat dengan Meksiko dan Kanada Bulan Depan

"Rasanya enak, rasanya enak!" ungkap Jerome Thomann, Kepala agen perjalanan Jetset Voyages yang berbasis di Paris mengatakan kepada kantor berita Reuters. Dia mengatakan timnya telah melihat "peningkatan luar biasa" dalam pemesanan tiket.

Dalam upaya menghentikan penyebaran virus corona, perbatasan AS awalnya ditutup untuk pelancong dari China pada awal 2020. Pembatasan kemudian diperluas ke negara lain.

 Baca juga: 10.000 Imigran Ilegal Penuhi Perbatasan AS - Meksiko

Aturan tersebut melarang masuknya sebagian besar warga negara non-AS yang pernah berada di Inggris dan sejumlah negara Eropa lainnya, serta China, India, Afrika Selatan, Iran, dan Brasil.

Di bawah aturan baru, pelancong asing harus menunjukkan bukti vaksinasi sebelum terbang, mendapatkan hasil tes Covid-19 negatif dalam tiga hari perjalanan, dan menyerahkan informasi kontak mereka. Mereka tidak perlu dikarantina.

"Ini sangat sulit - saya hanya ingin melihat putra saya,” terang Alison Henry, 63, kepada kantor berita AFP.

Ibu asal Cheshire, Inggris ini berencana untuk terbang ke New York pada Senin (8/11) untuk melihat putranya untuk pertama kalinya dalam 20 bulan.

Perbatasan darat AS dengan tetangga Kanada dan Meksiko juga akan dibuka kembali untuk divaksinasi penuh.

Bisnis di kota-kota di sepanjang perbatasan dengan Meksiko mengharapkan dorongan setelah berjuang di bawah pembatasan.

United Airlines mengatakan pihaknya memperkirakan kenaikan 50% dalam penumpang internasional yang masuk. Kepala Eksekutif Delta Ed Bastian memperingatkan para pelancong untuk mengantisipasi antrian.

"Ini akan menjadi sedikit ceroboh pada awalnya. Saya dapat meyakinkan Anda, sayangnya akan ada garis,” terangnya.

Uni Eropa (UE) merekomendasikan untuk mengizinkan pelancong Amerika masuk ke blok tersebut pada Juni lalu, sementara pengunjung dari AS telah dapat melakukan perjalanan ke Inggris sejak 28 Juli.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini