Share

Mengintip Kecanggihan M3 Amphibious Pontoon Kostrad, Angkut Tank Leopard hingga Berfungsi Jadi Jembatan

Sholahudin, iNews · Minggu 21 November 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 21 340 2505259 mengintip-kecanggihan-m3-amphibious-pontoon-kostrad-angkut-tank-leopard-hingga-berfungsi-jadi-jembatan-7AHkGpGMlz.jpg Alutsista canggih TNI AD/ MNC Media

MOJOKERTO - Kendaraan tempur M3 Amphibious Pontoon TNI AD diujicoba oleh Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 10 Divif 2 Kostrad di anak Sungai Brantas, setelah beberapa waktu tiba dari Jerman.

(Baca juga: Kostrad Pamer Alutsista Canggih di Martapura, Tank Leopard hingga Helikoter Apache)

Kendaraan tempur ini bisa dioperasikan di darat maupun di air. Selain untuk keperluan pertempuran alat baru ini juga bisa digunakan saat bencana alam dengan membentuk jembatan belly serta mengangkut tank leopard milik Kostrad.

(Baca juga: Oerlikon Skyshield, Misil Paskhas Penghancur Jet Tempur Musuh)

Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Tjaturputra G Genah mengatakan, anak Sungai Brantas dipilih sebagai tempat latihan, karena kondisi lebar, kedalaman sungai hingga arus sudah sesuai dengan karakteristik latihan. “Karena latihan ini sebagai upaya pendalaman pemahaman prajurit dalam menguasai peralatan,” ujarnya, Minggu (21/11/2021).

Rencananya kata dia, penggunaan M3 Amphibious Pontoon ini tidak hanya pada operasi militer. Namun juga pada penanganan penanggulangan bencana. Salah satunya jika terjadi jembatan putus.

“Karena kecepatan membangun jembatan, sepanjang seratus meter lebih hanya butuh waktu tidak sampai satu jam,” pungkasnya.

Latihan Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad di anak Sungai Brantas ini mendapat perhatian dari warga sekitar. Warga yang penasaran berada di bibir sungai melihat langsung jalannya latihan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini