Ditembak Petugas, Ini Detik-detik Penangkapan Komandan Teroris KKB Demius Magayang

Mohammad Adrianto S, Okezone · Minggu 28 November 2021 15:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 28 340 2508651 ditembak-petugas-ini-detik-detik-penangkapan-komandan-teroris-kkb-demius-magayang-iXsfQ3qxEG.jpg Komandan teroris KKB ditangkap/ okezone

YAHUKIMO - Demius Magayang ditangkap tim gabungan Satgas Operasi Nemangkawi bersama Polres Yahukimo. Demius dikenal sebagai komandan teroris KKB di Yahukimo.

(Baca juga: Komandan Teroris KKB Demius Magayang Ditangkap, Ini Deretan Kejahatannya)

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan kronologi penangkapan Demius Magayang.

Penangkapan berawal dari informasi yang didapat pihak kepolisian mengenai keberadaan Demius Magayang yang diketahui berada di sekitar PT Indopapua di Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

(Baca juga: Suasana Pilu Iringi Proses Evakuasi Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Teroris)

Tim gabungan yang dipimpin oleh Katim Satgas Unit Yahukimo AKP I Nengah S Gapar lantas menuju lokasi yang dikabarkan menjadi tempat Termianus Magayang berada.

“Pukul 10.45 WIT, Tim Gabungan Polres Yahukimo bersama Satgas Nemangkawi yang dipimpin oleh AKP I Nengah S Gapar bergerak menuju lokasi sasaran di seputaran PT Indopapua Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo untuk melakukan penangkapan," kata Kamal, Minggu (28/11/2021).

Tim gabungan sampai di lokasi pukul 11:40 WITA dan segera melakukan pemeriksaan lokasi. Saat melakukan pemantauan, tim gabungan melihat sebuah mobil melintas.

Mobil tersebut ternyata berisikan Termianus Magayang, yang saat itu berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Tim gabungan dengan sigap menangkap Demius di lokasi kejadian.

Diketahui, pihak kepolisian harus melepas sejumlah tembakan kepada target saat melakukan penyergapan. "Karena kondisi lukanya bisa membahayakan nyawa makanya kita rujuk ke sini," ujar Kasat Reskrim Polres Yahukimo Ipda Rony Samori.

Saat ini Demius Magayang sedang dirawat di RS Bhayangkara Jayapura. Dirinya tidak akan menjalani proses hukum lebih lanjut dan menjalani penahanan langsung di Jayapura.

"Penahanannya akan dilakukan di sini (Jayapura)," pungkas Ronny.

Sebelum ditangkap, Demius Magayang merupakan pemimpin dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dengan sejumlah tindak kriminal.

"Demius Magayang pelaku penganiayaan berat terhadap staf KPUD Yahukimo Henry Jovinski," ungkap Kamal.

Kamal melanjutkan, kejahatan lain yang dilakukan Temius Magayang adalah pembunuhan terhadap Muhamad Toyib di Jalan Bandar pada tanggal 18 Mei 2021, serta kasus pembunuhan terhadap dua orang anggota Satfas Pemrahwan 432/SWJ di ujung Bandara Nop Goliat Dekai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini