Share

7 Orang Meninggal Usai Makan Daging Penyu Beracun, 38 Dilarikan ke RS

Susi Susanti, Okezone · Selasa 30 November 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 18 2509642 7-orang-meninggal-usai-makan-daging-penyu-beracun-38-dilarikan-ke-rs-cArDbUYYus.jpeg 7 orang meninggal usai makan daging penyu beracun (Foto: Pixabay)

TANZANIA - Tujuh orang, termasuk seorang anak berusia tiga tahun, meninggal dunia setelah memakan daging penyu beracun di Pulau Pemba di Tanzania.

Tiga orang lainnya masih dirawat di rumah sakit. Komandan polisi setempat Juma Said Hamis mengatakan kepada BBC, sedikitnya lima keluarga di Pemba, yang merupakan bagian dari pulau semi-otonom Zanzibar, makan daging penyu pada Kamis (25/11) lalu.

Efeknya pertama kali dirasakan keesokan harinya dan anak berusia tiga tahun itu yang pertama meninggal. Dua lainnya meninggal malam itu dan kemudian empat orang meninggal pada Minggu (28/11).

Baca juga: Tiga Orang Meninggal Usai Makan Daging Penyu, Begini Penjelasan Ilmiahnya

38 orang lainnya dirawat di rumah sakit, tetapi sebagian besar dipulangkan dan tiga yang tersisa dikatakan dalam kondisi stabil.

Dalam sebuah pesan di Twitter, Presiden Zanzibar Hussein Mwinyi mengirimkan belasungkawa kepada keluarga yang terkena dampak.

 Baca juga: Lihat Perempuan Ini Makan Anak Penyu, Netizen Murka!

Menurut badan amal Turtle Foundation menyatakan keracunan dapat memiliki dampak terburuk pada anak-anak dan orang tua, meskipun orang dewasa yang lebih sehat juga dapat meninggal.

Dalam kasus yang jarang terjadi, daging kura-kura bisa menjadi racun karena jenis keracunan makanan yang dikenal sebagai chelonitoxism.

Turtle Foundation mengatakan penyebab pastinya tidak diketahui tetapi diduga terkait dengan ganggang beracun yang dimakan kura-kura.

Daging adalah makanan lezat yang umum di antara mereka yang tinggal di pulau-pulau Tanzania dan daerah pesisir. Tetapi saat ini pihak berwenang telah melarang konsumsi kura-kura di daerah tersebut.

Sebelumnya, kantor berita AFP melaporkan pada Maret lalu di Madagaskar, 19 orang, termasuk sembilan anak-anak, meninggal setelah makan daging kura-kura.

Kasus serupa juga telah dilaporkan di Indonesia, Mikronesia dan pulau-pulau Samudera Hindia di India.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini